Restorasi Terumbu Karang di Bali Serap Tenaga Kerja

TRENDING, malangpost.id- Terumbu karang merupakan aset yang berharga bagi lautan. Tak hanya menjadi rumah bagi para makhluk hidup di laut, terumbu karang ternyata telah menjadi salah satu komoditi wisata yang sangat diminati oleh para turis. Kini keberlangsungan hidup terumbu karang mulai terancam. Kerusakan yang ditimbulkan oleh manusia khususnya sudah memberikan dampak buruk yang cukup signifikan.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi terus mengawal jalannya program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Padat Karya Restorasi Terumbu Karang (ICRG). Dalam program ini tercatat telah mempekerjakan 10 ribu orang yang terdampak pandemi Covid-19 tahun 2020.

Luhut Binsar Pandjaitan dalam Rapat Koordinasi virtual, Jakarta, mengatakan bahwa Kegiatan PEN ICRG telah mempekerjakan 10.717 orang yang terdampak Covid-19 di Bali pada tahun 2020 kemarin dan berharap angka ini bisa ditingkatkan lebih lagi.

Pemerintah melaksanakan program restorasi terumbu karang seluas hingga 74,3 hektar pada tahun 2020. Program ini pun akan dilanjutkan pada periode 2021-2022 di 9 lokasi yang melibatkan hingga 150 ribu orang.

Jumlah ini cukup banyak menyerap tenaga kerja yang ada di Indonesia, khususnya ketika terjadi pandemi yang menyebabkan berkurangnya lapangan pekerjaan. Pada periode tersebut diharapkan mampu memperluas wilayah restorasi hingga 1000 Ha dengan jumlah anggaran total Rp. 1.5 triliun. Dari jumlah tersebut 35 persen sampai 45 persen anggaran akan diserap untuk upah.

Nantinya, akan ada tiga aktivitas utama. Antara lain pembuatan struktur terumbu karang buatan, penenggelaman eks-kapal KRI sebagai Terumbu Karang Buatan dan wreck dive. Terakhir pembuatan kapal riset pesisir untuk monitoring terumbu karang.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close