Teka-Teki Gempa yang Menguncang Bengkulu

TRENDING, malangpost.id- Gempa bumi tektonik dengan Magnitudo 5,1 mengguncang Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Kamis (18/2/2021). Menurut analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berpusat di 117 Kilometer (Km) Barat Daya, Kota Bengkulu. Episenter terletak pada titik koordinat 4,54 Lintang Selatan (LS) dan 101,51 Bujur Timur (BT). Sementara kedalaman gempa 10 kilometer (km).

PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah mengatakan, gempa M5,1 itu merupakan gempa dengan kategori dangkal yang berpusat di Barat Daya, Kota Bengkulu.

Gempa ini dirasa janggal, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengungkapkan gempa tektonik dengan magnitudo 5,1 yang mengguncang Bengkulu Kamis 18 Februari 2021 pukul 17.43.09 WIB masih menjadi teka-teki. Gempa dengan episenter di laut pada jarak 85 km arah baratdaya Kota Bengkulu ini dirasakan oleh warga.

Ini cukup janggal mengingat gempa ini adalah gempa signifikan yang ke-16 sejak bulan November 2020 yang mengguncang zona gempa selatan Bengkulu – Lampung. BMKG menyatakan mereka telah melakukan monitoring dan mendapatkan hasil bahwa zona gempa di Samudra Hindia selatan Bengkulu dan Lampung saat ini memang sedang terjadi peningkatan aktivitasnya sejak 3 bulan terakhir.

Jika ini terus berlanjut, maka semua orang diharapkan untuk waspada. Terlebih para penduduk yang bertempat di sekitar pesisir yang sangat dekat dengan laut. Masyarakat harus paham mengenai evakuasi mandiri dan menganggap guncangan kuat sebagai pertanda dini peringatan tsunami.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close