Kenali Kasta Catur Lewat Pertandingan Dewa Kipas vs Irene

TRENDING, malangpost.id- Masyarakat seakan heboh dengan pemberitaan yang tersebar di dunia maya. Mulai dari seorang pemain game catur online bernama Dewa Kipas yang telah mengalahkan GothamChess, pemain catur profesional yang menyatakan kemampuan catur tidak bisa didapatkan begitu saja, hingga terjadinya pertandingan antara Dewa Kipas melawan GM Irene.

Pertandingan yang menuai banyak sekali perhatian ini telah memecahkan rekor. Dalam pertandingan yang disiarkan secara online melalui Youtube, Tercatat, jumlah penonton siaran langsung duel Irene Sukandar kontra Dewa Kipas alias Dadang Subur mencapai 1,25 juta pada titik tertinggi (peak viewers). Irene Sukandar sukses mengalahkan Dadang Subur dengan skor telak 3-0 pada pertandingan yang menggunakan format empat babak tersebut.

Irene Sukandar yang mengalahkan Dadang Subur menyandang gelar GM. Sedangkan pemain catur online GothamChess yang dikalahkan oleh Dadang Subur menyandang gelar IM.  Berbicara soal gelar, terdapat banyak gelar dalam dunia percaturan dari Fédération Internationale des Échecs atau FIDE.

Pertama, Grandmaster atau GM merupakan gelar tertinggi yang diberikan oleh organisasi catur internasional FIDE. Gelar Juara Dunia Ini adalah gelar seumur hidup. Woman Grandmaster atau WGM merupakan salah satu gelar resmi yang diberikan FIDE khusus untuk pecatur wanita sebagai gelar dengan peringkat tertinggi yang eksklusif untuk wanita. Seperti gelar FIDE resmi lainnya, begitu seorang pemain dianugerahi gelar WGM, gelar tersebut akan digunakan seumur hidup. 

Kedua, International Master atau IM ialah gelar yang digunakan sejak tahun 1950 oleh FIDE untuk pecatur yang telah mencapai 3 kali hasil baik dalam turnamen internasional dan mencapai 2400 skor Elo. Kedudukan gelar International Master lebih tinggi dari Master FIDE dan lebih rendah dari Grandmaster.  Woman International Master atau WIM setara dengan International Master, bedanya gelar resmi yang diberikan oleh FIDE ini dikhususkan untuk pecatur wanita.

Ketiga, FIDE Master atau FM Diperkenalkan pada tahun 1978, FM berada di bawah gelar International Master tetapi di atas Kandidat Master. Tidak seperti gelar Grandmaster dan International Master, tidak ada persyaratan bagi pemain untuk mencapai norma. Cara yang biasa bagi pemain untuk memenuhi syarat gelar Master FIDE adalah dengan mencapai peringkat Elo 2300 atau lebih. 

Keempat, Candidate Master atau CM dan Woman Candidate Master (WCM) diperkenalkan pada tahun 2002, cara yang biasa bagi seorang pemain untuk memenuhi syarat untuk gelar Kandidat Master adalah dengan mencapai peringkat Elo 2200 atau lebih. Peringkat Candidate Master dan Woman Candidate Master merupakan gelar paling rendah yang diberikan FIDE.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close