Suku Bunga Ditekan Turun Demi Dorong Perekonomian

TRENDING, malangpost.id- Perekonomian menjadi sektor yang paling terdampak dari adanya pandemi ini. Seluruh roda perekonomian sempat terhenti ketika covid-19 ini break out hingga menyebabkan kepanikan di seluruh dunia. Untuk memulihkan perekonomian ini, berbagai negara telah melakukan berbagai cara. Salah satu yang sudah sering dilakukan adalah dengan cara menurunkan suku bunga agar menaikkan hasrat masyarakat untuk berbelanja kembali dan mendorong roda perekonomian.

Saat ini Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia meminta kepada industri perbankan untuk menurunkan suku bunga kredit. Seruan ini terus didengungkan oleh kedua lembaga tersebut guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso meminta perbankan dan sektor keuangan untuk menurunkan suku bunga kredit. Sebab regulator telah memberikan berbagai macam stimulus agar permintaan kredit meningkat.

Wimboh mengatakan Bank Indonesia mulai melihat ada gelagat-gelagat dan optimisme yang sudah terlihat dibandingkan beberapa bulan sebelumnya di 2020. Ini merupakan buah dari kerja bersama para pemangku kepentingan, para praktisi perbankan maupun para pengusaha.

Sedangkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sedikit menyindir perbankan yang justru menahan penyalurkan kreditnya, padahal suku bunga Bank Indonesia (BI) sudah berada dalam level terendah dalam sejarah Indonesia.

Sebelumnya, BI memproyeksi pertumbuhan kredit 2021 sebesar 7 -9 persen. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan momentum pemulihan ekonomi mendukung upaya perbaikan kinerja penyaluran kredit.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan sinergi yang kuat juga terus dibangun antara para pemangku kepentingan bersama OJK, dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Paket kebijakan terpadu untuk peningkatan pembiayaan dunia usaha telah disiapkan guna memacu pemulihan ekonomi khususnya dari sektor potensial dan strategis.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *