Masyarakat Optimis dengan Perkembangan Perekonomian Indonesia Pada Tahun 2021

TRENDING, malangpost.id- Perekonomian dunia seakan runtuh dengan adanya pandemi yang sempat memberhentikan seluruh kegiatan ekonomi di dunia. Dampak yang diberikan cukup besar. Berbagai sektor mati dan tak bisa beroperasi selama beberapa waktu. Salah satu sektor yang paling terdampak adalah sektor pariwisata yang hingga saat ini masih belum bisa pulih dari adanya pandemi ini.

Saat ini pemerintah berusaha untuk membangkitkan kembali ekonomi yang dulu. Tidak tahu bagaimana caranya, perekonomian dipaksa untuk terus bangkit agar dapat menggerakkan roda perekonomian negara yang memberikan dampak ke seluruh sektor kehidupan.

Usaha dan harapan ini nyatanya juga dirasakan masyarakat. Sebanyak 76 persen masyarakat Indonesia optimistis akan adanya pemulihan ekonomi nasional dalam 6 bulan ke depan. Prosentase tersebut membuat Indonesia jadi negara paling optimis di Asia Tenggara dalam menyambut perbaikan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Data tersebut merupakan hasil survey terbaru pada Februari 2021 yang dikeluarkan Ipsos, perusahaan peneliti pasar dan market research global.

Ipsos mencatat, jumlah masyarakat Indonesia yang semakin yakin akan pertumbuhan ekonomi pun meningkat 1 persen dibanding survey sebelumnya pada September 2020, yakin sebanyak 75 persen. Ini memberikan sinyal positif bahwa masyarakat masih mempercayai negara untuk segera berbenah dan berusaha untuk memulihkan ekonomi ini.

Di Indonesia sendiri, 31 persen masyarakat optimis pendapatan mereka akan pulih dan meningkat, 45 persen berpendapat akan sama dengan saat ini, dan 24 persen mungkin akan memburuk. CEO Ipsos South East Asia Suresh Ramalingam mengatakan, penurunan tingkat infeksi dan rencana vaksinasi yang efektif dari pemerintah memainkan peran kunci dalam membangun kembali pemulihan ekonomi dan belanja konsumen, seperti yang terlihat di Singapura.

Managing Director Ipsos Indonesia Soeprapto Tan menyebutkan, paling tingginya optimisme masyarakat Indonesia terhadap adanya pemulihan ekonomi nasional maupun pendapatan mereka merupakan pencapaian tersendiri bagi Pemerintah RI.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close