Megawati: Industri Kreatif Jadi Salah Satu Penyangga Perekonomian

TRENDING, malangpost.id- Megawati Soekarnoputri memuji industri kreatif Indonesia yang kini menjadi salah satu penyangga ekonomi nasional. Megawati mengatakan bahwa sektor ekonomi kreatif yang dahulu secara ekonomi memiliki arti kecil dan bersifat sampingan, sekarang telah berubah. Ekonomi kreatif menunjukkan potensinya menjadi kekuatan ekonomi yang tangguh, dan mampu menjadi salah satu penyangga perekonomian nasional. Ekonomi kreatif adalah nilai yang tercipta dari suatu ide.

Dalam acara pagelaran An Exotic Journey to Nusantara yang diselenggarakan pada Sabtu (27/03) ini Megawati memberikan pandangannya terhadap kemajuan industri kreatif yang sebelumnya dipandang sebelah mata oleh pemerintah dan masyarakat. Kini hal itu dibantah dengan prospek yang baik dari industri kreatif. Pesatnya perkembangan ini mengakibatkan meningkatnya perekonomian secara nasional.

Sebagai bukti, berdasarkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bahwa sub sektor fesyen berkontribusi besar dalam PDB ekonomi kreatif Indonesia yang mencapai 41,4 persen. Lebih tinggi dari kuliner dan kriya yang berkontribusi di bawah 20 persen.

Ketua Umum PDI Perjuangan ini menyinggung salah satu fesyen yakni batik, yang perajinnya telah tumbuh subur di berbagai daerah. Menurutnya, dari tahun ke tahun batik selalu mengalami perkembangan. Ini menjadi pertanda yang sangat baik. Tidak hanya dapat menyerap tenaga kerja, adanya pertumbuhan perajin batik mengakibatkan meningkatnya awareness masyarakat akan esensialnya batik yang menjadi salah satu identitas bagi bangsa Indonesia.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close