Tarif Bea Masuk Perikanan ke Uni Eropa yang Tinggi Sulitkan Indonesia dalam Bersaing

TRENDING, malangpost.id- Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki laut yang sangat luas dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Filipina. Luasnya laut Indonesia menandakan bahwa hasil perikanan juga sebanding dengan luas laut yang dimiliki. Hasil tangkapan laut Indonesia memang menjadi salah satu yang terbaik karena telah di ekspor ke berbagai negara di belahan dunia. Tetapi nyatanya produk perikanan Indonesia masih kalah dengan negara tetangga.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono meminta jajarannya mendukung penuh pelaku usaha perikanan Indonesia untuk bisa tumbuh di pasar domestik maupun global. Salah satu hambatan yang harus segera dituntaskan yaitu persoalan tarif bea masuk produk perikanan Indonesia ke Uni Eropa. Selain persoalan bea masuk, Menteri Trenggono meminta jajarannya melakukan profiling terhadap pasar perikanan dunia, yang dapat digunakan sebagai acuan bagi para pelaku usaha untuk melakukan inovasi produk dan pengembangan pasar.

Dalam arahannya, Menteri Trenggono juga dan menyoroti pentingnya jaminan mutu dan kualitas produk perikanan yang dihasilkan oleh unit pengolahan di Indonesia. Jaminan mutu dibutuhkan untuk menambah nilai dan daya saing produk perikanan di pasar domestik maupun global. Strategi yang dapat dilakukan adalah dengan membangun sistem ketertelusuran (traceability) bahan baku serta gencar mendorong pelaku usaha melakukan sertifikasi produk yang mereka hasilkan.

Artati juga melaporkan bahwa realisasi nilai investasi kelautan dan perikanan tahun 2020 tercapai sebesar Rp6,29 triliun dari target Rp5,49 triliun. Menurutnya, hal ini menunjukkan kepercayaan investor yang tinggi dalam berusaha di sektor kelautan dan perikanan di Indonesia.

Sebelum investor berpaling dari Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan serta jajarannya untuk mengembangkan sistem pasar perikanan Indonesia. Memberikan arahan dan pengetahuan bagi setiap pelaku usaha perikanan di Indonesia dan melakukan pengolahan serta produk yang tersertifikasi agar bisa meyakinkan para investor serta negara lain bahwa produk perikanan yang berasal dari Indonesia memiliki kualitas yang terbaik.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close