Industri Halal Indonesia Diminta untuk Melek Teknologi

TRENDING, malangpost.id- Industri halal semakin pesat berkembang. Turis muslim mulai condong kepada sektor pariwisata dan kuliner halal. Sudah menjadi hal yang wajar bagi setiap negara untuk menyediakan suatu wadah kepada industri halal agar dapat menampung kebutuhan setiap pariwisatawan muslim.

Di Indonesia tak terkecuali menjadi negara yang terus mendorong industri halal agar terus berkembang dan dapat membantu perekonomian negara. Menteri BUMN Erick Thohir membuka event Eid Al Fitr Creative and Tourism (ECT) Expo 2021 secara daring. Expo ini digelar untuk mendorong pemulihan dan menggairahkan perkembangan UMKM di sektor kreatif dan pariwisata.

Untuk membantu mengarahkan industri halal menjadi lebih maju, Erick memaparkan bahwa usaha syariah skala mikro dan kecil harus menjadi prioritas utama. usaha syariah skala mikro dan kecil menjadi bagian dari rantai nilai industri halal global, dan memanfaatkan perkembangan teknologi digital secara optimal dalam memacu pertumbuhan usaha dan ketahanan ekonomi umat, dan tercapainya ekonomi syariah yang inklusif.

Semua sektor memiliki peranan penting, mulai dari pemerintah, strategis BUMN, swasta, hingga Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) sebagai organisasi keumatan, untuk menjadi ekosistem yang saling mendukung secara berkelanjutan. Memanfaatkan situasi dan kondisi saat ini, berbagai macam produk dan strategi pasar bermunculan.

Berbagai bisnis dan produk yang sukses, berkelanjutan, dan relevan hingga masa pandemi ini, mulai dari bisnis makanan dalam kemasan, hijab instan, hingga aplikasi pemesanan tiket hotel, punya satu kesamaan, mereka mampu memecahkan masalah, tantangan, dan kebutuhan konsumen dengan efektif, kreatif dan cara-cara yang kena di hati konsumen.

Meskipun pandemi ini penuh tantangan, Erick mengajak para pelaku usaha dalam ekosistem MES untuk tidak hanya fokus pada bagaimana bisnis bertahan di masa pandemi ini dengan produk dan cara lama. Erick berharap, kegiatan ini dapat mendukung MES yang berperan sebagai wadah yang efektif bagi pelaku bisnis dalam mempromosikan produk lokal yang halal dan berkualitas, pemicu untuk menemukan tantangan dan kebutuhan konsumen untuk jadi peluang baru.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close