Jokowi Ungkap UMKM Jadi Kunci Kebangkitan Ekonomi Indonesia

TRENDING, malangpost.id- Semenjak jatuhnya perekonomian Indonesia karena dihantam pandemi yang sudah terjadi selama satu tahun lebih mengakibatkan jatuhnya berbagai sektor yang sangat mempengaruhi perekonomian Indonesia. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu yang paling berdampak, kondisi negara sangat mempengaruhi eksistensi UMKM. Padahal UMKM memiliki porsi yang cukup besar terhadap perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti peranan penting UMKM bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Oleh sebab itu, ia mengimbau semua pihak untuk terus memberikan dukungan kepada UMKM. Jokowi menegaskan bahwa UMKM merupakan pilar penting kebangkitan ekonomi. Usahanya tersebar di seluruh pelosok Tanah Air, jenis usaha dan produknya sangat beragam melibatkan banyak masyarakat sekitar, serta menciptakan lapangan kerja baru dan mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Pemerintah pun ingin mengisi momentum kebangkitan nasional dengan mempercepat kebangkitan produk-produk buatan Indonesia. Kebangkitan produk-produk UMKM/IKM Indonesia, kata Jokowi, ditandai dengan kemampuan menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi, menguasai pasar dalam negeri, dan lebih kompetitif di pasar global.

Untuk mendukung kemajuan UMKM, Jokowi berharap semua pihak terlibat dan ikut bergerak. Caranya dengan memberikan tempat-tempat terbaik bagi UMKM untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produknya.

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan, sebanyak 5.714.631 unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah masuk atau on boarding ke ekosistem digital. Jumlah ini berhasil dicapai sejak dimulainya Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) pada Mei 2020 hingga April 2021. Luhut pun optimistis target 30 juta UMKM onboarding pada 2023 dapat dicapai. Hal ini bisa dicapai dengan kerja sama semua pihak.

Peningkatan UMKM on boarding di ekosistem digital, kata Luhut, telah mengubah struktur backbone perekonomian Indonesia. Perekonomian disebut semakin kuat karena UMKM memainkan peranan yang sangat penting.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close