Ma’ruf Amin Sebut Teknologi Digital Bantu Perkembangan SDM Indonesia

TRENDING, malangpost.id- Menjadi isu setiap tahun bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia kalah saing dengan SDM masyarakat luar. Ini dikarenakan besarnya gap yang terjadi antara masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan. Permasalahan ini terus dikaji oleh pemerintah untuk menciptakan SDM yang cerdas dan unggul sehingga dapat bersaing dengan SDM luar.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, fokus pemerintahan sekarang adalah menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas untuk bersaing di masa depan yang mampu beradaptasi dengan teknologi digital. Ma’ruf mengatakan pemerintah telah berupaya untuk memperkuat pelatihan vokasi melalui program Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas.

Tantangan nyata yang dihadapi adalah langkah strategis yang harus dihadapi dalam menyiapkan SDM yang mampu menghadapi tantangan di masa depan yang diisi oleh teknologi digital. Menurutnya, persaingan dunia saat ini membutuhkan kecepatan, ketepatan, dan efisiensi. Karena itu, Ma’ruf mendorong BLK dapat dijadikan fondasi penting untuk bersaing termasuk persaingan di sektor ketenagakerjaan.

Diketahui, Kementerian Ketenagakerjaan telah membuat program BLK Komunitas sejak tahun 2017. Tujuannya adalah mendekatkan akses pelatihan vokasi kepada masyarakat, mencetak SDM unggul, dan memberikan bekal keterampilan dan kompetensi kerja.

BLK Komunitas adalah unit pelatihan vokasi pada suatu komunitas di Lembaga Pendidikan Keagamaan Non Pemerintah yang meliputi pondok pesantren, seminari, dhammasekha, dan pasraman dan Lembaga keagamaan non pemerintah serta komunitas serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Kemudian di tahun 2020, Kementerian Ketenagakerjaan telah membangun 1.014 BLK Komunitas, sehingga sampai dengan akhir tahun 2020, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan telah berhasil mendirikan 2.127 BLK Komunitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close