Dilaporkan ke KPPU, Himbara Batal Terapkan Peraturan Terkait Cek Saldo Berbayar

TRENDING, malangpost.id- Sebelumnya Himbara atau 4 bank BUMN yang terdiri dari Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI dan Bank Bank BTN. Arti Himbara sendiri merujuk pada akronim Himpunan Bank Milik Negara. Dengan kata lain, Bank Himbara adalah bank yang saham mayoritasnya dikuasai oleh pemerintah Indonesia yang berjumlah empat bank.

Sebelumnya, memang ada rencana bank BUMN mengenakan pungutan ATM Link per 1 Juni 2021, yaitu cek saldo Rp2.500 dan tarik tunai Rp5.000, dari yang semula gratis. Hal ini kemudian menimbulkan berbagai protes dari kalangan masyarakat. Mereka beranggapan bahwa penerapan aturan tersebut sangat memberatkan sehingga masyarakat tidak dapat memanfaatkan mesin ATM Link.

Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) sebelum ini telah melaporkan Himbara ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) karena dugaan adanya kartelisasi Bank BUMN. David Tobing selaku ketua KKI mengatakan, dengan putusan Himbaran membatalkan kebijakan soal pembebanan cek saldo dan tarik tunai, KKI akan mencabut Laporan ke KPPU yang sebelumnya dilakukan karena menilai adanya dugaan kartel dengan cara menerapkan biaya saldo dan tarik tunai yang seragam di sesama Himbara. Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) mengapresiasi Keputusan Himbara untuk membatalkan pengenaan biaya cek saldo dan tarik tunai di mesin ATM Link.

Menurut David, adanya keputusan penerapan penerapan biaya cek saldo dan tarik tunai kepada Nasabah di ATM Link maka dapat dipastikan Himbara akan terlepas dari jerat kartelisasi dan potensi digugat oleh nasabah nya sendiri.

David berharap Manajemen Bank-Bank BUMN dapat konsisten pada pelayanan yang prima dan hubungan baik kepada nasabah. Misalnya memperpanjang program restrukturisasi hutang bagi nasabah yang terdampak Covid-19, semua bank BUMN dapat memfasilitasi pencairan Jaminan Hari Tua bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, hingga mengadakan layanan mesin pencetak buku secara mandiri.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *