Pemerataan Internet Dorong Tumbuhnya Perekonomian Indonesia

TRENDING, malangpost.id- Perkembangan zaman memang tidak bisa dibendung. Saat ini revolusi indurstri sudah masuk dalam tahap 4 dimana internet of thing (IoT) menjadi unsur yang sangat menentukan bagi perkembangan suatu negara. Internet menjadi unsur yang penting bagi setiap aspek yang ada. Contohnya saja bidang pendidikan yang saat ini sangat bergantung dengan internet. Pemerataan yang baik akan memberikan dampak yang baik pula bagi perkembangan pendidikan Indonesia.

Penyediaan akses internet yang merata, pelayanan publik berbasis internet yang berkualitas, dan meningkatkan literasi digital nasional, menjadi misi utama yang harus terus diperjuangkan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Parlin Pasaribu, calon ketua umum APJII periode 2021-2024 menyatakan akses terhadap informasi dan komunikasi yang merata di seluruh Indonesia, akan berkontribusi penting pada kemajuan ekonomi di tanah air. Parlin mendorong anggota APJII yang mayoritas berbasis di DKI Jakarta, menjalin kolaborasi dan sinergi dengan pemerintah dan anggota APJII di daerah, untuk mempercepat penyediaan akses internet dalam rangka transformasi digital nasional.

Tidak kalah penting, meningkatkan kemampuan manajemen risiko terhadap potensi cybercrime yang makin marak seiring pesatnya perkembangan teknologi digital. Parlin menegaskan, agenda kerja utama inilah yang akan ia wujudkan jika kelak mendapat kepercayaan memimpin APJII, lewat Musyawarah Nasional XI yang akan berlangsung di Bali 28 Juni – 30 Juni, dilanjutkan dengan Rapat Khusus Unit IDNIC APJII tanggal 1 Juli 2021 di Grand Hyatt Hotel, Nusa Dua, Bali.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan juga meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mengawal program digitalisasi UMKM dengan menciptakan infrastrukturnya. Terutama jaringan telekomunikasi bagi daerah kabupaten dan kota yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB). Luhut berharap bila internet Starlink sudah terpasang di NTB proses digitalisasi UMKM akan lebih cepat dilakukan. Bahkan hingga ke titik-titik terjauh di timur Indonesia. Keberhasilan digitalisasi UMKM ini juga tak terlepas dari peran dari industri perbankan. Khususnya, dukungan dari Bank BCA yang telah memberikan pendampingan kepada UKM dan IKM yang ada di masyarakat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *