Budi Gunadi: Testing Berfluktuasi, Masyarakat Diharapkan Tenang dan Jangan Panik

TRENDING, malangpost.id- Kondisi pandemi di Indonesia saat ini bisa dikatakan cukup gawat mengingat jumlah kasus harian mencapai puluhan ribu selama dua minggu terakhir ini. Dalam seminggu terakhir ini angka tertinggi terjadi pada 22 Juli yang mencapai 49.509 kasus positif dan angka terendah terjadi pada 26 Juli sebanyak 28.228 kasus positif.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan penyebab jumlah testing Covid-19 menurun dalam seminggu terakhir. Menurut dia, penurunan jumlah testing Covid-19 ini karena adanya hari libur. Kendati begitu, dia mengatakan angka testing akan kembali naik setelah hari libur. Untuk itu, menurut Budi, masyarakat tak perlu panik jika angka testing yang meningkat setelah mengalami penurunan di hari libur.

“Jadi kalau kemudian hari Jumat tinggi, Sabtu turun, tidak usah panik. Karena pasti turun, hari Minggu pasti turun, Seninnya juga, karena Minggunya libur pasti turun. Nanti naik lagi,” ujar Budi.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengakui upaya penelusuran atau tracing Covid-19 di Indonesia belum memenuhi standar WHO. Pasalnya hingga saat ini, menurut Hadi, tracing kontak erat kasus Covid-19 baru bisa dilakukan satu kasus banding satu kontak erat. Artinya, kata dia, setiap ditemukan satu kasus konfirmasi positif, hanya bisa dilakukan penelusuran pada satu kontak erat saja. Padahal idealnya adalah satu kasus banding 30 kontak erat.

Hadi pun mengaku bahwa saat ini setidaknya ada 63 ribu tenaga tracer dari TNI yang sudah tersebar di sejumlah wilayah di Tanah Air. Mekanismenya adalah setelah mendapatkan notifikasi dari Kepala Dinas Kesehatan setempat, maka tracer digital akan mewawancarai masyarakat yang harus di-tracing karena termasuk kontak erat dengan kasus konfirmasi positif.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *