Inggris Sumbangkan Alkes Rp 14 M Bantu RI Atasi Covid19

TRENDING, Malangpost.id – Otoritas Inggris mengumumkan akan menyumbangkan alat kesehatan (alkes) senilai Rp 14 Miliar, untuk membantu Indonesia mengatasi pandemi virus COVID-19.

Sumbangan alkes ini menyusul donasi pertama sebanyak 620.000 dosis vaksin Corona buatan AstraZeneca yang telah tiba di Indonesia pada Senin (2/8) waktu setempat. Hal ini disampaikan pada keterangan pers Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia, Rabu (4/8/2021).

“Donasi vaksin dan alkes akan digunakan di garis depan di Indonesia untuk membantu membatasi penyebaran pandemi. Serta melindungi masyarakat dan pada akhirnya menyelamatkan nyawa. Kontribusi ini akan memperkuat kemitraan kesehatan Inggris dan Indonesia yang lebih luas. Kemitraan di berbagai bidang seperti pengembangan vaksin dan sekuensing genomik,” demikian seperti disampaikan dalam keterangan pers Kedubes Inggris.

Menteri Luar Negeri, Dominic Raab menyatakan bahwa Inggris sebagai teman dekat. Serta mitra kerja berdiri bersama Indonesia dalam perjuangan melawan pandemi Corona.

“Kami membagikan 1 juta dosis vaksin dan peralatan medis untuk mendukung respons dan pemulihan Indonesia dari pandemi. Tidak ada yang aman sampai kita semua aman,” tutur Raab.

Baca juga : Kenali Perbedaan Virus Covid Varian Alpha, Beta, dan Delta Serta Gejalanya Berikut Ini

Disebutkan bahwa donasi alkes senilai US$ 1 juta atau setara Rp 14 Miliar ini akan difasilitasi melalui UNICEF. Dimana yang akan berkoordinasi langsung dengan Kementerian Kesehatan RI. Donasi alkes ini akan digunakan untuk membeli konsentrator oksigen. Dimana akan digunakan untuk perawatan dan menyelamatkan nyawa orang-orang yang paling membutuhkan.

“Melonjaknya COVID-19 di Indonesia adalah pengingat bahwa pandemi masih jauh dari usai. Serta akan terus menjadi ancaman bagi kita semua, kecuali kita bekerja sama untuk melawannya,” ucap perwakilan UNICEF Indonesia, Debora Comini, seperti disampaikan dalam keterangan pers Kedubes Inggris.

“Melalui kontribusi tepat waktu dari Inggris inilah. UNICEF akan mendukung respons cepat Indonesia guna memastikan bahwa layanan penting, untuk anak-anak yang paling rentan terus berlanjut tanpa adanya gangguan,” imbuhnya.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Susmitha

About the Author: Susmitha Nurzaini

Someone who interrest and eager to learn more about jurnalistic, public, and communication. Stay safe and stay healthy all! Cheers!^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *