RDI Perkenalkan Pletokan, Permainan Tradisional Penuh Makna

HIBURAN, Malangpost.id – Rumah Digital Indonesia (RDI) menyediakan berbagai wadah kreatif bagi masyarakat secara virtual untuk memeriahkan bulan kemerdekaan selama Agustus 2021.

Selain ruang panggung hiburan dan arena lomba 17-an, Anda juga bisa belajar tentang berbagai sejarah di Indonesia, mulai dari permainan tradisional.

Permainan tradisional merupakan salah satu unsur budaya yang harus dilestarikan. Selain menyenangkan, permainan tradisional Indonesia juga memiliki makna dan manfaat bagi para pemainnya.

Kali ini, Rumah Digital Indonesia menampilkan pertunjukan permainan tradisional pletokan. Disebut demikian karena suara yang dihasilkan dari permainan pletokan berbunyi ‘pletok’.

Pletokan memiliki istilah lain di berbagai wilayah Indonesia, seperti di tanah Sunda disebut bebeletokan, di Madura tor-cetoran, dan masih banyak lagi.

Meski namanya beragam, permainan pletokan bambu ini sarat dengan filosofi perang zaman Belanda karena senjata utama melawan penjajah terbuat dari bambu.

Kini, pletokan masih ada di beberapa daerah dan dilestarikan sebagai permainan tradisional Indonesia.

Senjata mainan pletokan terbuat dari bambu tua kecil dengan diameter lubang 1-3 cm. Untuk pelurunya, gunakan bola kertas yang sudah dibasahi sebelumnya atau biji jambu air.

Konsep bermain pletokan dianjurkan dalam tim agar bisa membentuk dua kubu yang seolah-olah sedang bertarung di medan perang.

Strategi yang dibutuhkan dalam bermain pletokan adalah kerjasama antar kelompok karena masing-masing pihak ingin menjatuhkan musuh dengan serangan peluru.

Penasaran dengan keseruan permainan tradisional pletokan dan cara membuatnya? Yuk, tonton videonya di Rumah Digital Indonesia, www.rumahdigitalindonesia.id.

Anda bisa memilih peta dan klik Ruang Seni dan Budaya, lalu pilih Pentas Nusantara. Video Historie of Art, Game of Pletokan.

Selain menyajikan pentas nusantara, masih banyak konten menarik di Rumah Digital Indonesia yang hadir selama bulan kemerdekaan untuk menemani Anda merayakan kemerdekaan di rumah.

Bahkan seluruh masyarakat dapat berpartisipasi dalam mengirimkan karyanya. Untuk informasi selengkapnya, lihat Instagram @rumahdigitalindonesia.id.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Maharani

About the Author: Maharani Safitri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *