53 Tersangka Teroris Gagal Luncurkan Aksi Teror HUT RI ke-76

TRENDING, Malangpost.id – Densus 88 Antiteror Polri melakukan penangkapan masif terhadap puluhan terduga teroris di 11 provinsi, sekaligus menggagalkan rencana aksi teror saat HUT RI ke-76 pada Selasa kemarin (17/8).

Argo mengatakan tim Densus 88 mencapai kesimpulan setelah melakukan pemeriksaan terhadap tersangka yang ditangkap.

“Ini sesuai dengan informasi dari beberapa tersangka yang kami tangkap. Ya memang kelompok JI sendiri dan dia ingin memanfaatkan hari kemerdekaan 17 Agustus,” kata Kadiv Humas Polri, Inspektur Jenderal Argo Yuwono dilansir dari CNN Indonesia, Jumat (20/8).

Penangkapan Bentuk Pencegahan dari Polri

Menurutnya, penangkapan tersebut merupakan bentuk pencegahan yang dilakukan Polri sebelum aksi teror direncanakan oleh para tersangka.

Argo tidak merinci lebih lanjut rencana teror yang akan dilakukan jaringan teroris Jemaah Islamiyah tersebut.

“Sebelum (melakukan teror), kami telah menangkap atau mengamankan beberapa orang, 53 orang yang tersebar di 11 provinsi mulai 12 Agustus hingga 17 Agustus,” jelasnya.

Penangkapan besar-besaran terhadap tersangka teroris telah dilakukan polisi sejak Kamis (12/8) pekan lalu. Setidaknya ada 11 daerah tempat penangkapan dilakukan, yaitu Sumatera Utara, Jambi, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Maluku, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

Polisi juga menangkap sejumlah pengurus atau pejabat dari Penyelenggara Syam di wilayahnya masing-masing. Mereka diduga menjadi pendukung keuangan JI melalui kegiatan amal.

Jamaah Islamiyah adalah organisasi teror yang tersebar di Asia Tenggara. Kelompok ini bertanggung jawab atas bom Bali tahun 2002.

Mabes Polri menyebutkan, setidaknya ada 6.000 anggota dan simpatisan yang tergabung dalam JI. Mereka diyakini sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Maharani

About the Author: Maharani Safitri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *