Waduh! Eks Relawan Vaksinasi Provinsi Jawa Barat Jual Kartu Vaksin Palsu

KRIMINAL, Malangpost.id – Polda Jabar tangkap empat pelaku pemalsu sertifikat vaksin covid 19 tanpa suntik vaksin. Diketahui dua dari empat pelaku merupakan mantan relawan vaksinasi covid di Jawa Barat. Sehingga memiliki akses di sistem pembuatan sertifikat vaksin.

Empat orang tersangka yang ditangkap Sub unit I dan V Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Barat berinisial JR, IF, MY, dan HH.

“Pembuatan sertifikat vaksin ilegal tanpa suntik vaksin itu dihargai Rp100-200 ribu per sertifikat,” kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago, dilansir dari CNN Indonesia pada Selasa (14/9).

Erdi menjelaskan penangkapan terjadi ketika patroli siber di sosial media, dua hari sebelum NIK Presiden Joko Widodo tersebar di sosial media.

Polisi berhasil mengungkap kasus pertama pada 26 Agustus dengan JR sebagai pelaku. Dalam penangkapan ini polisi berhasil kantongi 9 barang bukti sertifikat vaksin ilegal.

Kasus kedua terungkap pada 6 September, polisi berhasil amankan IF, MY, dan HH. Ketiga pelaku ini memasrkan sertifikat vaksin ilegal mereka dengan harga yang lebih mahal.

Ketiga pelaku membanderol satu sertifikat vaksin seharga 300 ribu. Serta hingga proses penangkapan tersangka sudah berhasil menjual 26 keping sertifikat palsu.

JR, telah dapatkan keuntungan sejumlah Rp 1,8 juta sedangkan IF, MY, dan HH kumpulkan Rp 7,8 juta keuntungan.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Rida

About the Author: Rida Bawa Carita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *