Intip Serunya Olahraga Skipping, Ampuh Membakar Kalori!

Ayo-ayo!.

GENERAL, malangpost.id – Anda perlu tahu, jika skipping atau olahraga lompat tali memiliki benefit untuk membakar kalori. Dan kemunginan lebih banyak jumlahnya dibandingkan olahraga yang lain. Memang olahraga ini cukup gampang digunakan oleh berbagai kalangan. Tetapi untuk minatnya masih minim.

Ada berbagai jenis olahraga yang efektif dalam membakar kalori. Tetapi, olahraga yang paling manjur adalah Skipping. Tanpa banyak waktu dan tempat yang tersita, semua bisa dilakukan di mana tempat yang nyaman.

Skipping bisa diprediksikan membakar kalori sekitar 1.070 kalori. Jadi Skipping sangat efektif dalam hal ini. Kalori yang dibakar selama 10 menit ini setara dengan berlari sejauh 1,6 km dalam waktu 8 menit. Skipping sangat cocok bagi anda yang ingin mempertahankan tubuh agar tetap ideal.

Skipping memiliki manfaat diantaranya:

1. Bisa Meningkatkan Kepadatan Tulang

Adanya Skipping melatih otot dan tulang khususnya di daerah tungkai bawah. Jika olahraga ini dilakukan secara teratur, maka dalam waktu 6 bulan kepadatan tulang akan meningkat. Untuk jangka panjang kepadatan tulang bisa menunda maupun mencegah adanya osteoporosis.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Olahraga ini sama seperti melakukan aerobic secara teratur  khasiatnya, yang mana bisa menurunkan risiko penyakit jantung korona maupun stroke. Olahraga ini dilakukan 4-5 kali per minggu selama 20 menit minimal.

3. Bisa Meningkatkan Kemampuan Otak dalam Hal Melakukan Koordinasi

Saat melakukan Skipping, maka otak harus mengeluarkan berbagai kemampuannya. Kemampuan tersebut meliputi kemampuan mengoordinasi gerakan tangan dalam mengayun tali, melakukan gerakan kaki dalam melompat, kemampuan mengayun tali dan melompat secara stabil serta ritmis.

4. Bisa Menjaga Kesehatan Mental Anda

Sudah dibuktikan bahwa orang-orang menjalani olahraga ini memiliki kesehatan mental yang bagus. Ini dikarenakan Skipping dapat membuat seseorang menyalurkan energi maupun pikiran secara positif. Mereka juga cenderung lebih tenang dan tidak cemas. Apalagi terbawa emosi.

5. Bisa Meningkatkan Stamina maupun Kebugaran

Kardio ini bisa meningkatkan stamina maupun energi kebugaran yang membaik. Olahraga ini dalam membakar kalorinya cukup singkat. Olahraga ini mampu memangkas 10 kalori per menit dengan ukuran tubuh yang sedang.

6. Bisa Menguatkan Otot

Adanya penguatan otot betis sekaligus bisa melenturkan tendon dan fascial di kaki. Jika dua hal tersebut sudah kuat, maka akan otot kaki bisa kuat dan lentur dan berdampak pada menurunnya risiko cedera pada kaki.

7. Bisa Meningkatkan Ketajaman Pikiran

Hal ini cukup penting, karena manfaatnya bisa meningkatkan ketajaman pikiran. Tanpa sadar saat melakukan Skipping, tubuh anda akan mengombinasikan tempo dan koordinasi geraknya. Aktivitas ini yang kemudian bermanfaat positif dalam kemampuan kognitif.

Tipsnya Yuk Dicek..

Berikut ini juga ada tips yang perlu anda ketahui, saat memilih alat skipping, diantaranya harus pilih tali yang tepat. Sebaiknya menggunakan jenis tali beaded rope. Tali ini lebih berat dari tali kain sehingga lebih mudah dikendalikan ketika sedang melakukan lompat tali.

Kemudian, ukur atau stabilkan panjang tali sesuai badan anda.selain itu gunakan sepatu yang pas. Pastikan ukurannya sesuai dengan kaki yah. Dan solnya tidak licin. Pilih lokasi atau tempat Skipping yang bisa membantu tubuh anda memantul. Anda bisa menggunakan lantai kayu, berumput, maupun berpasir.

Jangan lupa berlatihlah sesuai kemampuan tubuh. Bila tubuh sudah lelah, alangkah lebih baik jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga. Cobalah berlatih dengan tempo pelan setiap hari selama 10 menit, kemudian tingkatkan durasinya secara bertahap.

Ayo coba Skipping!.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close