Perut Anda Buncit? Lakukan 5 Gerakan Ini Secara Rutin!

OLAHRAGA, malangpost.id – Perut Anda buncit? Ada beberapa gerakan untuk mengecilkan perut buncit yang bisa dicoba lho!

Penumpukan lemak pada bagian perut menyebabkan perut buncit. Tidak hanya mempengaruhi penampilan, namun perut buncit juga dapat mengganggu kesehatan secara umum. Dilansir dari halodoc, perut buncit dapat meningkatkan resiko penyakit seperti diabetes, jantung, fatty liver, dan darah tinggi. Perut buncit juga bisa membuat tidak nyaman dan kurang percaya diri. Kombinasi mengatur pola makan sehat dan olahraga rutin dipercaya menjadi cara yang cukup ampuh untuk mengecilkan perut buncit.

Gerakan untuk Mengecilkan Perut Buncit

Umumnya setiap aktivitas  fisik dan jenis olahraga bisa membakar kalori dan membantu mengurangi lingkar pinggang. Namun, ada beberapa gerakan olahraga yang lebih menekankan gerakan otot di sekitar perut dan terbukti efektif dapat mengecilkan perut jika dilakukan secara rutin.

Berikut beberapa rekomendasi gerakan untuk mengecilkan perut buncit:

1. Sit up

mengecilkan perut buncit
(c) pinterest/tenor.com

Salah satu gerakan yang bisa dicoba adalah sit up. Selain dapat membakar kalori, sit up juga menguatkan dan mengencangkan otot  di sekitar perut. Lakukan sit up dengan posisi berbaring, kemudian tekuk lutut Anda dengan telapak kaki menapak di lantai. Letakkan tangan di dekat telinga atau menyilang dada, kemudian angkat badan ke arah lutut sambil menghembuskan napas. Lalu turunkan badan Anda kembali ke posisi berbaring sambil menarik napas. Hindari melibatkan otot kaki saat sit up dan gunakan otot perut untuk menekuk tubuh.  Anda bisa minta teman atau anggota keluarga lain untuk mengganjal kaki agar posisi lebih stabil. Atau manfaatkan bagian bawah sofa untuk mengganjal kaki Anda. Jika baru mulai berlatih, lakukan gerakan ini minimal 10 kali sehari.

2. Plank

(c) pinterest/ instyle.com

Gerakan yang bisa mengecilkan perut buncit berikutnya adalah plank. Latihan ini termasuk populer dan cukup mudah dilakukan. Anda bisa memulai dengan posisi telungkup dengan bersangga pada lengan bawah dan jari-jari kaki. Kemudian angkat badan dan pinggul dalam posisi garis lurus. Perhatikan kepala agar sejajar juga dengan tinggi punggung.

Setelah mengangkat badan, jaga posisi tersebut selama 5 hingga 10 detik. Kemudian ulangi 8 hingga 10 kali. Mungkin akan sulit awalnya, namun Anda bisa melakukannya dalam waktu yang lebih singkat diselingi dengan istirahat. Jika dilakukan secara rutin, plank membantu mengencangkan perut, lengan, dan pinggul.

3. Flutter kick

(c) pinterest/imgur.com

Jika sudah mencoba beberapa gerakan untuk mengecilkan perut selama beberapa waktu, tubuh akan lebih terasa fleksibel. Anda bisa mencoba gerakan lainnya, yaitu flutter kick. Caranya: posisikan tubuh dalam keadaan berbaring telentang (bisa menggunakan alas atau matras). Lalu posisikan telapak tangan menghadap ke bawah dan ganjal di bawah pantat. Setelahnya, tarik bagian tengah tubuh dan angkat kedua kaki dalam posisi lurus hingga melayang di atas lantai. Pertahankan posisi perut dan kaki tetap lurus, lalu gerakkan kaki kiri dan kanan naik turun bergantian. Lakukanlah gerakan ini sebanyak 3 kali masing-masing selama 20 detik.

4. Crunch

(c) pinterest/sparkpeople.com

Berikutnya Anda bisa mencoba gerakan crunch, yang hampir menyerupai sit up. Masih dalam posisi berbaring, tekut lutut dan telapak kaki menyentuh lantai. Posisikan kedua tangan di belakang kepala atau menyilang di dada. Lalu angkat kepala dan bahu saja (tanpa mengangkat seluruh tubuh bagian atas) sambil menghembuskan napas, kembali ke posisi berbaring sambil menarik napas. Ulangi gerakan ini setidaknya 10 hingga 15 kali.

5. Lying leg raise

lying leg raise untuk mengecilkan perut buncit
(c) pinterest/womenshealthmag.com

Gerakan dengan fokus sekitar perut berikutnya adalah lying leg raise yang sangat sederhana. Caranya, baringkan tubuh Anda di atas matras dengan kedua tangan di samping tubuh dan telapak tangan menghadap ke bawah. Lalu naikkan kaki ke atas tanpa menekuknya sama sekali, tahan selama beberapa detik. Selanjutnya turunkan kaki secara perlahan ke lantai. Lakukan gerakan ini sebanyak 10-15 kali dan ulangi sebanyak 2-3 set.

Menghindari Perut Buncit

Selain mengecilkan perut, 5 gerakan di atas juga bisa menjadi alternatif olahraga di masa pandemi agar selalu bugar. Anda juga bisa melakukan olahraga lainnya untuk mengecilkan perut buncit, diantaranya bersepeda, berlari, yoga, berenang, dan senam aerobik.

Tidak hanya olahraga, ada beberapa cara untuk mengusir lemak pada perut. Diantaranya mengatur pola makanan, hindari makan saat larut malam, hindari langsung tidur setelah makan, istirahat dan minum air putih yang cukup, serta kurangi konsumsi minuman beralkohol.

Untuk mendapatkan penampilan ideal tanpa perut buncit, lakukan olahraga secara rutin untuk mengecilkan perut. Jangan lupa lakukan pemanasan dan peregangan sebelum dan sesudah berolahraga. Untuk hasil maksimal, Anda juga perlu memperhatikan dan mengatur pola makan serta istirahat yang cukup. Sudah siap untuk mencoba 5 gerakan ini? (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close