Pelajari 5 Jenis Gaya Renang Yang Mudah Dipelajari Bagi Pemula

Anda belum mahir berenang? Jangan khawatir, Anda bisa mencoba beberapa jenis gaya renang yang cukup mudah dipelajari.

OLAHRAGA, malangpost.id – Tidak hanya menyenangkan, berenang adalah salah satu jenis olahraga yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh jika dilakukan secara rutin. Diantaranya menjaga berat badan, menyehatkan jantung, membentuk dan menguatkan otot, dan tentu saja membuat tubuh lebih segar.

Baca juga: Ini 5 Jenis Diet Populer Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Nah, bagaimana jika Anda belum mahir berenang? Bagi Anda yang masih belum mahir berenang, setidaknya Anda perlu menguasai satu gaya untuk dapat mengambang dan melintas di air. Ada berbagai macam gaya dan teknik renang yang bisa Anda pelajari untuk berlatih menyeimbangkan anggota tubuh seperti tangan dan kaki.

Berikut 5 jenis gaya renang untuk pemula yang mudah dipelajari:

1. Gaya bebas

foto: pinterest

Gaya renang yang pertama adalah gaya bebas. Gaya renang yang satu ini membebaskan penggunaan tangan dan kaki agar bisa meluncur di air. Meskipun namanya gaya bebas, ada beberapa hal yang tetap perlu Anda perhatikan saat mempraktekkan gaya ini.

Untuk memulainya, pertama-tama posisikan badan menghadap permukaan air. Berikutnya posisikan dan gerakkan tangan mengayun ke depan dari atas ke bawah permukaan air secara bergantian, tangan kanan dan kiri. Di saat bersamaan, gerakkan kaki dengan cara dikepakkan bergantian ke atas dan ke bawah. Saat posisi tangan Anda berada di atas untuk mengayuh, manfaatkan saat ini untuk mengambil nafas dengan menggelengkan kepala ke kanan atau kiri.

2. Gaya dada

Jenis gaya renang berikutnya adalah gaya dada atau disebut juga gaya katak. Gaya renang yang satu ini menyerupai pergerakan berenang katak. Menitik beratkan pada kekuatan tangan dan kaki untuk menggerakkan tubuh ke depan, pergerakan gaya renang ini lebih lambat dari gaya bebas. Karenanya, teknik renang ini cocok untuk Anda yang ingin berenang dengan santai.

Untuk mencoba gaya ini, posisikan dada Anda menghadap permukaan air. Gerakkan kedua kaki dengan menendang ke arah luar, kemudian kedua tangan lurus ke depan. Lanjutkan dengan cara membuka tangan ke samping untuk mendorong tubuh bergerak ke depan. Setelah satu atau dua kali gerakan tangan-kaki, ambil nafas dan ulangi kembali.

3. Gaya punggung

Berbeda dengan gaya bebas dan gaya dada yang menghadap permukaan air, Anda perlu memposisikan tubuh terlentang menghadap ke atas, sehingga punggung berada di dalam air. Posisikan dan luruskan punggung semaksimal mungkin agar tubuh bagian depan Anda berada di atas permukaan air. Usahakan kepala, leher, dan pinggul dalam posisi yang lurus dengan badan. Kemudian ayunkan satu lengan Anda ke atas dan ke bawah secara bergantian.

Pada gaya renang punggung, posisikan juga kaki bersamaan dengan tubuh hingga bisa lurus di atas permukaan air. Kemudian gerakkan kaki dari pangkal paha, tekuk sedikit di bagian lutut, dan akhiri dengan ujung kaki yang dikibaskan. Usahakan untuk rileks agar gerakan kaki tidak terlalu kaku.

4. Gaya kupu-kupu

foto: unsplash/@serenarepice

Gaya renang kupu-kupu merupakan teknik berenang yang memadukan keseimbangan, kekuatan, dan keanggunan. Karena gerakannya mirip dengan kupu-kupu, maka gerakan ini dinamakan gaya kupu-kupu. Dalam teknik gaya renang ini, dibutuhkan kekuatan atau dorongan yang lebih kuat dibandingkan gaya renang lainnya.

Selain itu, teknik ini juga membutuhkan pernapasan yang kuat dan stabil karena berpengaruh pada kecepatan perenang. Langkah awal untuk memulai teknik ini yaitu memposisikan dada menghadap ke air. Di saat yang bersamaan, gerakkan kedua lengan dan tekan ke bawah, ke belakang, ke arah luar, lalu kembali ke depan di atas permukaan air. Kedua kaki juga ikut menekan ke bawah saat tangan ditarik ke belakang. Anda bisa mengambil nafas di atas permukaan air saat kaki dan tangan bergerak seperti ini.

5. Gaya samping

Tidak seperti gaya renang lainnya, gaya samping merupakan gaya renang yang jarang diperlombakan dalam kompetisi, baik nasional maupun internasional. Bisa jadi, tidak banyak yang tahu mengenai gaya renang yang satu ini. Untuk tekniknya sendiri mengutamakan sisi samping bagian tubuh (kanan atau kiri).

Jika ingin mencoba, posisikan badan Anda miring ke satu arah dan bentangkan tangan yang ada di posisi kemiringan lurus ke depan. Arahkan satu tangan Anda yang lain ke belakang. Kemudian ayun tangan yang di depan ke bawah lalu berputar hingga kembali lurus ke depan. Gerakkan tangan Anda yang satu bergerak ke depan lalu menyapu air belakang. Gerakkan kaki dalam posisi menggunting, yaitu membuka keluar lalu bergerak ke dalam secara bersamaan.

Itu tadi 5 jenis gaya renang yang mudah dipelajari bagi Anda yang ingin lebih mahir berenang. Selamat mencoba! (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close