Ini Manfaat Olahraga Zumba Secara Rutin!

Ternyata, ada banyak manfaat olahraga Zumba jika dilakukan secara rutin.

TIPS, malangpost.id- Kita tahu betapa pentingnya olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Semua jenis olahraga memiliki manfaat jika dilakukan secara rutin. Termasuk juga Zumba. Selain banyak disukai karena gerakannya yang energik dengan iringan musik, dengan berlatih Zumba secara rutin ternyata bisa membuat tubuh sehat. Tidak itu saja, Zumba juga memiliki manfaat lain lho!

Salah satu jenis olahraga aerobik ini biasanya dilakukan dengan iringan musik. Baik musik dengan irama cepat, lambat, dan kombinasi keduanya. Hal ini membuat latihan Zumba mudah diikuti semua orang dari beragam usia. Dan tentu saja, sangat menyenangkan.

Nah, apa sajakah manfaat olahraga Zumba bagi kita? Berikut informasinya.

1. Membakar kalori

Seseorang yang melakukan latihan Zumba dapat membakar 400-600 kalori per jam. Dengan gerakannya yang fokus pada seluruh anggota tubuh, olahraga ini sangat efektif untuk menurunkan massa lemak tubuh secara keseluruhan. Jadi, buat Anda yang ingin menurunkan berat badan bisa berlatih Zumba secara teratur untuk membakar kalori dalam tubuh. Salah satu gerakan Zumba yang bisa dicoba adalah merengue.

Baca juga: Kenali Gerakan Zumba yang Cocok untuk Pemula

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat olahraga Zumba berikutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Gerakan Zumba dapat meningkatkan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini membuat peredaran darah lebih lancar. Mereka yang berolahraga umumnya memiliki tekanan darah dan denyut nadi yang lebih rendah, sehingga menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskuler.

3. Mencegah stres dan memperbaiki mood

Siapa yang tidak suka musik? Ternyata, olahraga Zumba juga bermanfaat bagi kesehatan jiwa kita. Olahraga Zumba sangat efektif untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan konsentrasi. Dengan iringan musik dan gerakan koreografi yang menarik, adrenalin mereka yang berlatih Zumba akan ikut terpacu. Hal ini bisa meningkatkan semangat sehingga berpotensi membuat mood lebih baik dan mencegah stres.

4. Mengencangkan tubuh dan menguatkan sendi

Zumba merupakan olahraga dengan gerakan yang mengikutsertakan seluruh anggota tubuh termasuk sendi dan otot. Dengan berlatih secara rutin, gerakan ini bisa membentuk otot  lebih kencang dan menguatkan sendi. Gerakan Zumba bisa mengencangkan lengan dan perut, hingga Anda bisa tampil lebih ramping.

5. Meningkatkan konsentrasi dan koordinasi tubuh

Gerakan Zumba sangat kreatif yang membuat tubuh bagian atas dan bawah bergerak. Lengan dan kaki juga kerap bergerak ke arah yang berbeda. Hal ini tentu membutuhkan konsentrasi dan kordinasi tubuh agar dapat bergerak secara bersamaan dalam harmoni. Latihan Zumba secara rutin tanpa disadari meningkatkan fleksibilitas, konsentrasi, dan juga kordinasi tubuh.

6. Bersosialisasi

Umumnya olahraga zumba dilakukan secara beramai-ramai dalam waktu yang cukup lama. Selain dapat menambah semangat dalam berolahraga, Anda bisa bertemu dengan orang lain. Nah, kalau Anda ikut kelas Zumba, di sela-sela latihan para peserta biasanya berbincang satu sama lain. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, Anda juga dapat berkenalan dan bersosialisasi dengan banyak orang.

Itulah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dengan berolahraga Zumba jika dilakukan secara rutin. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close