Tentang Olahraga Angkat Besi. Yuk Simak Yuk!

Olahraga Angkat Besi merupakan salah satu olahraga ekstrem yang perlu dipertimbangkan untuk dimainkan!

OLAHRAGA, malangpost.idIngat, olahraga ini lebih ke mengangkat beban berat yang bertujuan untuk meningkatkan bobot paling besar, mengikuti beberapa peraturan dan tindakan tersebut sudah ada selama ribuan tahun. Olahraga ini menguji seberapa kuat manusia dan menunjukkan lebih kuat daripada yang lain.

Perlu diketahui, kompetisi pertama olahraga ini mulai muncul di akhir abad ke-19 dan di tahun 1891 diadakan Kejuaraan Angkat Besi Dunia pertama. Saat itu masih hanya ada 6 atlet. Olahraga tersebut masuk ke dalam edisi pertama Olimpiade Modern di Athena.

Dalam edisi berikut ini, seperti datang dan pergi, sampai mendapatkan tempat yang tetap di tahun 1920. Jumlah variannya bertambah seiring tahun-tahun berlalu. Awalnya dengan satu tangan, kemudian dua tangan.

Untuk lebih lanjutnya, simak ulasan berikut ini yuk.

Atlet Paling Menonjol berasal dari Eropa

Para atlet yang paling menonjol adalah berasal dari Eropa Tengah, kemudian Amerika Serikat. Perlu diketahui, bahwa di semua kompetisi para atlet adalah peraih medali di semua varian, kecuali perlombaan Olimpiade yang hanya menggunakan Total Combination saja.

Kelas dalam dunia olahraga angkat besi diantaranya Juvenile, Junior, Dewasa. Kelas berat untuk atlet laki-laki dan perempuan adalah: Feminio sampai 48 kg dan Masculin sampai 56 kg. untuk Halter terdiri dari tiga bagian, diantaranya Bar, Kalung, dan Dumbell.

Peralatan Pelindung yang Digunakan pada Olahraga Angkat Besi

Peralatan pelindung dalam olahraga ini opsional. Tetapi, menurut penulis alat ini sangat diperlukan dalam olahraga angkat beban berat, besi ini. Peralatannya meliputi, sabuk yang menempel di punggung bawah. Gunanya untuk mencegah cedera.

Adanya bantalan pada lutut, gelang, atau tempelan. Ingat, seiring berkembangnya waktu, olahraga ini sebagai pertandingan bukan pertunjukkan sirkus. Amgkat besi ini mulai diperkenalkan lagi oleh E. Sandow dan Arthur Saxon (berasal dari Jerman semua).

Teknik dalam Olahraga Angkat Besi

Terdapat beberapa teknik dalam olahraga angkat besi, diantaranya perlu kombinasi antara kekuatan, kecepatan, dan konsentrasi. Teknik dasar dari angkat besi ini adalah mulai dari pegangan dan langkah kaki (hooking).

Hooking adalah aliran teknik dalam memegang barbel. Posisi jari jempol ditutup dengan jari-jari lainnya. kemudian teknik tekan ke luar, teknik yang digunakan untuk melangkah illegal. Biasanya teknik ini digunakan saat barbel sudah berada di atas kepal.

Cara Melakukan Tekniknya Bagaimana?

Cara melakukan tekniknya dengan posisi siku di tekuk keluar dan guna teknik tersebut adalah untuk meluruskan posisi tubuh. Dalam olahraga ini terdapat dua jenis angkatan (Clark/Jerk dan Snatch). Untuk jenis Clean, beban yang dilakukan tanpa jeda (mengangkat beban dari lantai).

Dilanjutkan ke atas dengan posisi tangan yang lurus. Untuk jenis angkat besi Snatch merupakan jenis angkat besi yang memerlukan dua tahap, tahap pertama (angkat beban dari lantai hingga ke dada). Kemudian posisi tubuh harus jongkok sambil mengambil ancang-ancang.

Tahap Kedua Bagaimana?

Tahap kedua (dengan berdiri dan angkat beban dengan tangan lurus) diberi jeda waktu beberapa detik. sebagai wawasan, barbel adalah salah satu perlengkapan paling utama dalam olahraga angkat besi. Untuk berat beban disesuaikan dengan rules (aturan) pertandingan.

Lapisan barbel terdiri dari bar baja dan cakram berlapis karet. Dua lapisan tersebut memiliki berat yang berbeda-beda dan tidak sama. Untuk berat bar baja biasanya ditambah 1 kilo dengan acra bertahap. Untuk benda yang berada di ujung barbel biasanya disebut sebagai collar.

Itulah seputar olahraga angkat besi. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close