Jenis-Jenis Olahraga Apa Saja Yang Dapat Dimainkan Secara Beregu?

OLAHRAGA, malangpost.id – Apakah Anda berpikir kalau olahraga menguras tenaga dan membosankan? Tidak dengan olahraga beregu! Ternyata, olahraga yang dimainkan secara beregu juga menyenangkan sekaligus menyehatkan fisik.

Olahraga beregu disebut juga dengan olahraga permainan yang dilakukan dua regu berbeda dengan beberapa orang pemain dalam satu tim. Olahraga ini bertujuan mencetak angka untuk mendapatkan kemenangan. Dalam menyusun strategi demi mengalahkan lawan, dibutuhkan kerjasama yang baik antar pemain dalam sebuah tim.

Lalu, apa saja kah olahraga permainan yang bisa jadi pilihan?

1. Sepak bola

olahraga beregu
foto: oto: Lee Smith/REUTERS

Ini dia, olahraga permainan yang sangat digandrungi oleh mayoritas masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. Bahkan, olahraga beregu ini juga favorit di seluruh dunia. Sepak bola adalah olahraga permainan yang terdiri dari dua regu, dengan masing-masing regu terdiri dari 11 pemain.

Bermain di lapangan rumput, tiap tim harus berlomba menceploskan bola ke gawang lawan dalam waktu 2×45 menit. Jika sampai menit ke-90 hasil imbang, juri akan menambahkan extra time atau adu penalty untuk mendapatkan pemenang.

Sepak bola merupakan olahraga yang sangat menguras fisik dan mental. Serta, diperlukan strategi dari kedua belah pihak. Seorang pemain sepak bola setidaknya harus menguasai teknik bermain dasar, diantaranya lari, menendang bola, melompat, menggiring bola, menahan bola, dan mengongrol bola.

2. Bulu tangkis

olahraga beregu
Ganda campuran (foto: Antara/Eka Arifa)

Olahraga yang menjadi pemersatu bangsa dan kebanggaan masyarakat Indonesia, bulu tangkis. Tidak hanya dikenal luas di seluruh penjuru Tanah Air, olahraga ini juga menjadi cabang olahraga andalan Indonesia di tingkat dunia.

Bulu tangkis atau biasa disebut badminton bisa dimainkan secara individu yang terbagi dalam tunggal putra dan tunggal putri. Bisa juga dimainkan beregu dalam tiga kategori: ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Olahraga yang satu ini merupakan olahraga permainan yang membutuhkan ketahanan fisik, kecepatan, dan kelincahan dari pemain. Pemain atau tim harus memperoleh 21 poin dalam 2 dari 3 game yang dimainkan untuk menjadi pemenang. Ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai untuk bermain badminton, diantaranya servis, lob, smash, dan netting.

3. Bola voli

Voli lapangan (foto: nesabamedia.com)

Apakah Anda penyuka olahraga bola voli? Olahraga yang satu ini ada dua macam, voli lapangan yang bisa dimainkan di dalam atau luar ruangan dan voli pantai yang dimainkan di pasir pantai. Voli pantai memiliki ukuran lapangan lebih kecil dibandingkan voli lapangan.

Sama seperti olahraga permainan lainnya, bola voil juga dimainkan oleh dua tim berlawanan. Setiap tim terdiri dari 6 pemain dengan posisi tosser, blocker, libero, dan spiker. Olahraga beregu ini dimainkan dalam 2-3 babak. Pemenang permainan adalah tim yang mendapatkan skor 25 lebih dulu dalam dua babak.

Setidaknya ada beberapa teknis dasar yang harus dikuasai oleh pemain bola voli, yaitu smash, blocking, passing, dan servis.

4. Sepak takraw

olahraga beregu
Olahraga sepak takraw (foto: The Jakarta Post/Jerry Adiguna)

Tahukan Anda kalau sepak takraw adalah salah satu olahraga tradisional dari Indonesia? Meskipun tidak terlalu terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, sepak takraw sendiri sering dimainkan di ajang olahraga internasional.

Olahraga permainan ini menggunakan takraw (bola rotan) dan pemain menggunakan seluruh anggota tubuh, kecuali tangan. Permainan dimainkan oleh dua tim berbeda, dengan masing-masing tim terdiri dari 3 orang (inter regu) atau 2 orang (double-event).

Diperlukan 21 poin untuk memenangkan satu set. Tim yang memenangi dua set dinyatakan sebagai pemenang. Jika setelah 2 set kedudukan imbang, maka pertandingan dilanjutkan ke set ketiga. Set ketiga ini hanya memperebutkan 15 poin saja.

5. Bola basket

olahraga beregu
ANTARA FOTO/Reuters-Kim Klement-USA TODAY Sports/hp

Salah satu olahraga yang bisa dimainkan secara beregu adalah bola basket. Dimainkan oleh dua regu (bisa regu putra atau putri), masing-masing regu beranggotakan lima orang. Pemenang permainan adalah regu yang mendapatkan angka sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke ring lawan.

Setiap tim terdiri dari 5 orang pemain inti. Olahraga ini dimainkan dalam empat babak, dengan masing-masing babak terdiri dari 10 menit. Di setiap pergantian babak ada waktu istirahat selama 10 menit. Ada banyak teknik dan istilah dalam permainan bola basket, namun setidaknya Anda perlu menguasai teknik dasar dribbling atau dribble.

Baca juga: Mengenal Macam-Macam Istilah Dalam Permainan Bola Basket

Itu tadi 5 olahraga beregu yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tapi juga menyenangkan. Selama pandemi Covid-19, sebaiknya Anda menghindari dulu olahraga permainan yang melibatkan banyak pemain untuk menghindari resiko tertular. Untuk menjaga kesehatan, pilihlah olahraga individual, seperti senam, jogging, atau bersepeda. (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close