Mengenal Lebih Jauh tentang E-sport, Cek Disini!

E-sport

E-SPORT, malangpost.ide-sport, menjadi permainan seru di zaman digital apalagi di musim Corona ini. pasti banyak yang belum mengenal tentang E-sport itu sendiri. Bagi yang menyukai game ini pasti sudah tahu maksud istilah tersebut.

e-sport atau olahraga eletronik adalah suatu permainan pertandingan game. Pemain e-sport terdiri dari tim yang bermain game untuk melawan satu sama lain pada tingkat profesional untuk memenangkan sejumlah uang sebagai hadiah.

Untuk lebih lanjutnya langsung simak saja berikut ini.

Jumlah Pertandingan dalam e-sport

Pertandingan ini diikuti dan ditonton oleh jutaan penggemar di seluruh dunia. Melihatnya secara langsung dan online. Beberapa game dipertandingkan dalam e-sport. Mulai dari Fortnite, League of Legends, Call of Duty, Counter-Strike, Overwatch, dan Madden NFL.

Perbedaan antara e-sport dengan gaming adalah lebih ke statusnya. Kalau gaming lebih ke arah rekreasi, sedangkan e-sport lebih ke profesi. Gaming bisa dilakukan di waktu luang dan fleksibel. Sedangkan e-sport lebih ke formalitas, mulai dari mengenakan seragam cabang atlet, bermain tim.

Atlet yang Dipilih Profesional

Hal tersebut juga termasuk daam hal kebugaran sehingga menunjang peforma di arena pertandingan. Adanya perjanjian kontrak dalam e-sport, sehingga terdapat pula transfer pemain. Karena adanya klub e-sport resmi dan profesional sehingga berbasis hukum.

Jika ada melanggar perjanjian tersebut, maka akan mendapatkan sanksi. Pernyataan tersebut sudah disampaikan dalam Rakerna KONI Pusat 2020 secara online (virtual) mulai tanggal 25-27 Agustus 2020. Pemerintah juga menyetujui adanya PB ESI sebagai badan remi Indonesia penaung e-sport.

Perbedaan e-sport

Perbedaan e-sport dengan olahraga biasa adalah lebih ke cara mainnya. Kalau olahraga biasa pasti dominan menggunakan fisik. Tetapi e-sport mirip dengan catur. Sehingga menggunakan otak menjadi senjata utama.

Atlet e-sport juga dilatih secara profesional terkait dengan kebugaran untuk menunjang performa di pertandingan. Menurut sejarahnya, e-sport mulai berkembang saat masuk tahun 90-an. Keberadaan tersebut juga dipengaruhi oleh perkembangan zaman internet.

Nintendo dan Blockbuster Mulai Sponsori Kejuaraan Video Game

Momen terpenting pada tahun 1997 yang mana ada turnamen Quake yang disebut-sebut sebagai ajang e-sport pertama. Awal 2000-an mulai muncul World Cyber Games dan Electronic Sports World Cup. Bisa dibilang Korea Selatan merupakan tempat lahirnya e-sport secara modern.

Karena negara itu mempunyai kecepatan internet yang luar biasa sehingga warnet-warnet disana sekaligus game center berkembang sangat pesat. Jadi yah saat itu seperti itu. Turnamen pertama juga disiarkan di TV Korea Selatan.

Game StarCraft: Blood War

Game populer yang paling dipertandingkan adalah ini, kemudian seiring dengan waktu muncul berbagai game yang dipertandingkan dan semakin besar hadiah yang ditawarkan. Hadiah terbesar sampai sekarang tetap di kompetisi DotA 2 “The International”.

Perlu diingat, e-sport tidak selalu soal atlet profesional, walaupun masuk ke dalam e-sport sama dengan menjadi atlet profesional. Benefitnya banyak sekali, salah satunya dalam hal gaji yang bisa sampai puluhan juta. Belum lagi hadiah turnamen.

Posisi atau Profesi Lain di e-sport

Posisi lain di e-sport adalah bisa menjadi Caster (komentator), analis, coach (pelatih), manajer tim, manajer, pembawa acara. Jadi bagi anda yang mempunyai skill akan hal ini dipersilahkan untuk mendaftar.

Selain menambah skill juga dapat gaji. Bagaimana?. Anda tertarik untuk melakukannya?.

Itulah penjelasan tentang e-sport, semoga bermanfaat. Pastinya dengan membaca ini anda lebih paham bawa e-sport bisa direkomendasikan bagi anda yang suka olahraga dan butuh uang untuk memenuhi kebutuhan yang lain.

Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini. see you dan good lucl.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close