Bola Voli: Pengertian, Sejarah, dan Peraturan Permainan

Bola Voli

GENERAL, malangpost.idBola Voli sudah menjadi permainan yang disuka oleh banyak orang dan dijadikan perlombaan. Di Indonesia, sudah terbentuk organisasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) yang mana untuk memantau perkembangan olahraga di dalam negeri.

Permainan ini dimainkan oleh siapa saja dan ada dua kubu yang diperlukan dengan setiap tim beranggotakan 6 orang belum cadangannya, kalau ada. Untuk mengenal Voli lebih lanjut, sebaiknya anda harus tahu awalan atau dasar dari bola Voli, misal tentang bola Voli itu sendiri.

Yuk, dibahas!.

Secara Pengertian Apa?

Olahraga bola Voli adalah permainan yang menggunakan bola berbahan karet atau kulit yang mana dimainkan secara tim yang berjumlah dua. Area permainan dipisah oleh net. Tujuan olahraga ini untuk memasukkan bola dengan memukulnya sampai melewati net dan jatuh di lapangan lawan.

Cara memukulnya pun tidak sembarangan, harus ada teknik-tekniknya. Jadi perlu dikuasai dulu sebelum jadi pemain. Permainan ini dibagi menjadi 2-3 babak, dengan skor maksimal 25 yang mana setiap sesi atau babak akan dimenangkan oleh suatu tim jika mendapatkan skor 25 dulu dari lawan.

Dan seterusnya sampai dapat siapa yang duluan paling banyak di 3 sesi itu. Hampir sama seperti bulu tangkis perhitungannya. Jadi belajar dulu yah!.

Untuk Sejarahnya Bagaimana?

Pertama kali bola voli ada (permainannya) diciptakan oleh William G. Morgan sekitar akhir abad ke-19. Beliau sebelumnya bekerja di Young Men’s Christian Association (YMCA) di Massachusetts, khususnya bidang pendidikan jasmani.

Beliau menciptakannya terinspirasi dari James Naismith, pencipta permainan bola basket. Ia ingin menciptakan permainan yang bisa dimainkan oeh orang tua. Jadi olahraga yang tidak terlalu menuntut kekuatan fisik seperti berlari.

Akhirnya ia menciptakan permainan ini dengan nama “Mintonette”. Mintonette sekarang dikenal dengan nama Voli. Jadi olahraga ini menggabungkan unsur basket, bulu tangkis, sampai baseball. Namanya resmi jadi VolleyBall sekitar tahun 1896.

Peraturan Permainannya Bagaimana?

Untuk lebih lengkapnya, langsung saja cek yuk!.

1. Ada Aturan Main dan Pelanggaran

Setiap olahraga pasti ada ini yah dan tidak luput dengan permainan ini. seperti penjelasan di atas, bahwa bola Voli terdiri dari dua tim yang mana setiap tim berisikan 6 orang. Terdapat empat peran yang dimiliki setiap tim dalam bertanding. Ada Spiker, Tosser, Defender, dan Libero.

2. Dimulai dengan Lempar Koin

Dengan melakukan lempar koin, maka akan menentukan tim mana yang berhak melakukan servis pertama kali. Servis dilakukan di luar garis lapangan kemudian bola harus melewati net. Jika keluar dari pernyataan tersebut, maka dinyatakan out (keluar).

Dinyatakan masuk atau mendapatkan skor jika bola menyentuh lantai dan berada dalam garis lapangan permainan (area lawan). Setiap pemain hatus melakukan passing, smash, dan teknik lainnya di area lapangan sendiri. Jadi, pemain tidak boleh melewati batas net atau masuk ke area lawan.

Dalam permainan, setiap anggota boleh menggunakan anggota tubuh dalam memantulkan bola. Akan salah jika pemain memantulkan dengan cara menendang. Tidak ada batas dalam melakukan pergantian pemain. Menyentuh net juga tidak boleh dengan alasan apapun.

3. Adanya Penghitungan Skor

Bola voli dilakukan sebanyak 2-3 set yang mana dua babak pertama menentukan tim mana yang menang dan jika seri maka ada tambahan satu sesi. Dan seterusnya. Sampai dapat poin dan skor terbanyak siapa. Jika satu tim menang 2 set secara berurutan maka tidak usah tambah set.

Tim yang menang tadi langsung menang dan permainan berakhir, seperti permainan bulu tangkis. Untuk perhitungan skor menggunakan sistem Rally Point dengan jumlah 25. Jika terjadi seri, skor 24-24, maka pertandingan akan dilanjutkan sampai tim ungul dua poin.

Itulah Pengertian, Sejarah, sampai Peraturan dari Permainan Bola Voli. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *