(Part 2): Teknik-teknik dalam Permainan Bola Voli

Bola Voli

GENERAL, malangpost.idSetelah kemarin membahas tentang pengertian, sejarah, dan aturan permainannya, maka sekarang akan dibahas tentang bagaimana teknik dan macam-macamnya dalam permainan ini. teknik dasar ini harus dimiliki oleh seorang pemain. Bukan abal-abal atu palsu.

Teknik dasar bola Voli ada empat, diantaranya service, passing, block, dan smash. Servis adalah teknik awal yang digunakan dalam memulai suatu permainan ini. dilakukan juga setelah mendapatkan poin. Teknik servis sendiri ada empat macam, yaitu servis bawah, servis mengapung.

Kemudian dilanjutkan servis overhand round-house, dan jumping service. Untuk passing atau mengumpan terbagi dalam dua gerakan, yaitu passing atas dan bawah. Teknik ini tidak hanya untuk mengumpan bola ke anggota tim, tetapi juga untuk menerima smash dari lawan.

Passing Atas untuk?

Passing atas untuk mengumpan ke toser yang mana digunakan sebagai skema serangan. Block digunakan untuk menahan serangan dari lawan tepat di depan net. Seorang pemain cukup melompat dan ditutup dengan satu atau dua tangan. Teknik blok bisa dilakukan satu orang, dua atau tiga orang untuk menutup smash lawan.

Teknik ini cukup sulit. Lawan bisa saja melakukan tipuan ke kita. Sehingga pemain harus siap dan memahami kapan melakukan blok atau tidak. Smash ini adalah salah satu teknik atau gerakan dalam menyerang lawan. Dengan pukulan keras dan tajam ke arah lawan.

Smash diawali dengan gerakan lompat setinggi-tingginya. Kemudian baru dipukul bolanya. Teknik ini tidak mudah untuk dikuasasi maupun dipelajari. Sehingga seorang pemain harus memiliki insting akan dan dalam bermain.

Ada Float Service (Servis Mengambang)

Servis ini dilakukan dengan cara melambungkan bola ke udara, kemudian memukulnya tanpa membuat bola berputar-putar. Sehingga bola bisa bergerak secara horizontal. Ada juga Jump Service (Servis Lompat) yang mana dilakukan dengan cara melambungkan bola secara vertikal.

Kemudian diikuti lompatan sekaligus pukulan dari pemain. Ada juga Overhand Service (Servis Tangan)nyang mana hampir mirip dengan Jump Service. Bedanya hanya di tahapan dalam melompat. Cukup dengan memukul bola dan telapak tangan ketika bola di atas bahu.

Underhand Service (Servis Tangan Bawah) merupakan teknik servis yang dilakukan dengan cara melempar rendah bola sebelum memukul dengan tangan mengendap yang kemudian diayunkan di bawah bahu.

Ada Service Ace

Merupakan  teknik servis yang dilakukan dengan cara memukul bola sekuat mungkin sehingga bola bisa melaju cepat dan tidak terprediksi.  Servis ini bisa disebut dengan servis maut maupun kemenangan. Teknik ini kebanyakan bisa mencetak skor. Biasanya dikombinasikan dengan teknik Jump Service.

Ada Forearm Passing merupakan teknik dasar bola voli yang biasanya dilakukan untuk mengoper bola. Cukup pemain menggunakan lengan depan tangan untuk memantulkan bola. Ada Bumping atau Bump Passing dilakukan dengan mengunci kedua lengan untuk memantulkan bola voli.

Teknik ini hampir sama dengan Forearm Passing, tetapi tujuan teknik ini untuk memantulkan bola ke anggota tim sekitar atau anggota tim terdekat. Ada juga Overhand Passing untuk memantulkan bola ke anggota tim menggunakan tangan terbuka di atas kepala.

Ada Serangan (Attacking), Hitting atau Spiking, Heat, Off-Speed Hit, Tip, Roll Shot, Back Row Attack, Digging, Volleying, Setting atau Assist, dan Screening. Itulah teknik-teknik dasar yang harus anda miliki sebelum main bola Voli. Agar bisa dan lancar. Dalam pertandingan juga perlu fair play.

Tetap semangat dan jangan lupa olahraga. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *