Ini Alasan Sepak Bola Menjadi Olahraga Terpopuler di Dunia

BOLA, Malangpost.id – Setiap kali nonton Piala Dunia, Piala Eropa, UEFA Champions League, dan event-event sepak bola lain, kita bisa melihat betapa antusiasnya penggemar sepak bola. Hampir di setiap pertandingan, stadion dipenuhi oleh para fans dari masing-masing klub atau negara, tak terkecuali di Indonesia.

Bahkan di gelaran Euro 2020, pertandingan antara Hungaria vs Portugal dihadiri oleh hampir 67 ribu penonton yang memadati tribun meski saat itu terjadi pandemi covid-19. Pertandingan tersebut diadakan di stadion Puskas Arena, Budapest yang berkapasitas 67 ribu penonton. Bisa dibayangkan stadion tersebut hampir terisi penuh oleh supporter dari masing-masing negara.

Baca juga : Bola Voli: Pengertian, Sejarah, dan Peraturan Permainan

Seberapa populer sepak bola di mata dunia? Mengutip dari website worldatlas.com, dari beberapa olahraga yang masuk dalam daftar, sepak bola menempati urutan pertama dengan jumlah penggemar sebanyak 4 miliar penggemar. Angka tersebut sangat jauh dari jumlah penggemar olahraga Cricket yang berada di urutan kedua dengan estimasi 2,5 miliar penggemar. Sumber statisticsanddata.org juga menempatkan sepak bola menjadi olahraga paling dikenal di dunia, disusul Cricket di urutan kedua dan Hockey diurutan ketiga.

Pertanyaannya, mengapa sepak bola sangat populer di dunia? Banyak faktor yang membuat sepak bola dapat dikenal. Sepak bola bisa dikatakan olahraga yang sederhana. Hampir semua negara-negara di dunia memainkan sepak bola, tidak hanya di satu negara saja. Lalu apa yang membuat sepak bola menjadi olahraga paling terkenal di dunia?

Permainannya Mudah Dimengerti

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang mudah dimengerti cara bermainnya. Contohnya ketika pemain mencetak gol. Jika bola masuk ke gawang, skornya satu. Sedangkan permainan lain contohnya basket, mendapat 1 poin ketika melakukan lemparan di titik pinalti. Kemudian bisa mendapat 2 poin, contohnya untuk lay up dan 3 poin saat memasukan bola diluar garis penalti.

Aturan di sepak bola juga sangat sederhana. Hal ini yang membuat permainan menjadi mudah dimengerti, walaupun orang yang tidak mengerti aturan sepak bola sekalipun.

Banyak Kompetisi di Dunia

Banyaknya kompetisi sepak bola membuat olahraga ini semakin dikenal. Jangankan kompetisi internasional, dalam satu negara pun ada berbagai kompeteisi sepak bola. Contohnya di Indonesia, memiliki beberapa liga yaitu Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Belum lagi ditambah turnamen pramusim seperti Piala Presiden.

Baca juga : Rekomendasi Sekolah Sepak Bola Anak di Jabodetabek

Sedangkan untuk kompetisi internasional, ada dua kompetisi, yaitu antar klub dan antar negara. Kompetisi antar klub yang paling bergengsi adalah UEFA Champions League. Kemudian kompetisi negara paling populer adalah Piala dunia dan Piala Eropa. Masih banyak kompetisi-kompetisi sepak bola yang mencakup seluruh benua. Hal tersebut juga menambah kepopuleran sepak bola di dunia.

Siapa pun Bisa Memainkan Sepak Bola

Tidak perlu sarung tangan, tongkat pemukul, dan lainnya, hanya ada bola saja permainan sepak bola sudah bisa dimainkan. Gawang pun tidak perlu menggunakan tiang dengan jaring-jaring yang dipasang, batu atau bahkan sandal dapat digunakan sebagai gawang.

Itulah kesederhanaan sepak bola yang membuat olahraga tersebut mudah diterima oleh berbagai kalangan. Teknik permainannya juga mudah untuk dilakukan. Hanya menggiring dan menendang bola saja kita sudah bisa merasakan senangnya bermain sepak bola. Apalagi bermain dengan banyak pemain membuat sepak bola tidak akan membuat kita bosan untuk memainkannya.

Pemainnya juga Terkenal

Siapa yang tidak tahu Cristiano Ronaldo? atau Lionel Messi? Semua pasti tau mereka walaupun tidak mengikuti dunia sepak bola. Saat ini megabintang sepak bola Cristiano Ronaldo menjadi orang paling banyak pengikutnya di Instagram. Pengikut Ronaldo di instagram mencapai 315.81 juta orang menurut data dari statista.com. Sedangkan Lionel Messi menempati urutan kedua atlet yang memiliki pengikut instagram paling banyak dengan 233,9 juta orang.

Ketenaran pemain-pemain tersebut mendukung sepak bola menjadi olahraga paling populer di dunia. Mereka juga dibayar untuk mengiklankan merek” ternama, yang dimana secara tidak langsung juga mengenalkan olahraga sepak bola.

Itula beberapa hal yang membuat sepak bola menjadi olahraga terpopuler di dunia. Tidak sedikit juga orang rela begadang untuk melihat pertandingan sepak bola, apalagi untuk klub yang didukungnya.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Muhammad

About the Author: Muhammad Hafizh

1 Comment

  1. I simply could not go away your web site prior to suggesting that I really enjoyed the standard information a person provide for your guests? Is gonna be again frequently to check out new posts.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *