Apa itu Kardio dan Manfaatnya Untuk Tubuh Anda

GENERAL, Malangpost.id – Kardio adalah jenis olahraga yang merangsang detak jantung dan memompa darah lebih cepat. Gerakan dalam kardio akan merangsang detak jantung dan meningkatkan laju pernapasan.

Jenis olahraga ini membantu mengedarkan lebih banyak oksigen ke tubuh, sehingga jantung dan paru-paru bisa tetap sehat. Ketika otot jantung dan paru-paru sama kuatnya, pembuluh darah dapat memompa lebih banyak oksigen ke sel-sel otot dengan lebih cepat.

Kardio adalah olahraga yang gerakannya diulang-ulang secara teratur dalam jangka waktu tertentu misalnya, lompat tali dan bersepeda. Biasanya, suatu aktivitas fisik dikatakan kardio jika dilakukan minimal 10 menit.

Berikut ini adalah latihan Kardio yang dapat kalian gunakan

1. Jogging di tempat

Dilakukan dengan berdiri tegak dengan kaki dibuka sejajar bahu. Kemudian, angkat kaki seperti sedang berlari. Ulangi gerakan ini selama 60 detik.

2. Lompat tali

Bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Bila dilakukan dengan benar, lompat tali selama 20 menit dapat membakar sekitar 220 kalori.

3. Jumping jacks

Berdiri tegak, lalu lompat dengan kaki ke samping. Pada saat yang sama, angkat kedua lengan di atas kepala dan bentuklah huruf V. Ulangi gerakan tersebut selama 60 detik.

4. Mountain climbers

Berbaringlah dalam posisi push-up dan bentuk tubuh sejajar dengan lengan. Setelah itu, tarik lutut kanan ke arah dada, kemudian kembali ke posisi awal. Ulangi secara bergantian selama 60 detik.

Ingatlah untuk melakukan pemanasan dan pendinginan. Karena pemanasan dapat mempersiapkan tubuh untuk berolahraga dan mengurangi risiko cedera. Sedangkan pendinginan dapat mengembalikan detak jantung dan tekanan darah secara bertahap.

Berikut ini adalah manfaat dari latihan Kardio yang dilakukan, yuk simak rinciannya

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dalam sebuah penelitian yang membandingkan pengendara sepeda amatir berusia 55-79 tahun dengan orang-orang seusia yang tidak pernah berolahraga, terungkap perbedaan yang sangat signifikan.

Kelompok pengendara sepeda ini memiliki massa otot yang lebih kuat dengan lemak tubuh yang lebih sedikit. Selain itu, mereka juga terlihat lebih sehat dengan daya tahan tubuh yang lebih baik.

2. Menyehatkan otak dan persendian

Penelitian telah menunjukkan bahwa kardio dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan artritis dan mempertahankan rentang gerak sendi. Selain itu, kardio juga membantu meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikir.

3. Menyehatkan paru-paru dan sirkulasi darah

Kardio, terutama berenang, akan melatih tubuh dalam memakai oksigen secara efisien. Hal ini dapat membantu menurunkan lemak darah sekaligus mengurangi kelelahan dan sesak napas pada masalah paru-paru kronis.

Selain manfaat tersebut, melakukan kardio memiliki banyak manfaat lain seperti membentuk otot, memperbaiki suasana hati, meningkatkan kualitas tidur dan energi. Juga memperbaiki kolesterol, menyehatkan saluran pencernaan, dan membuat kulit lebih segar.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Maharani

About the Author: Maharani Safitri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds