6 Manfaat Olahraga Berkuda, Bantu Melatih Otot hingga Bakar Kalori

GENERAL, Malangpost.id –  Olahraga berkuda merupakan olahraga yang cukup unik. Berkuda mungkin dipikiran beberapa orang, berkuda sering kali dikaitkan dengan tempat wisata. Padahal berkuda termasuk olahraga yang cukup populer.

Berkuda bukan hanya untuk meramaikan tempat wisata saja, tetapi bisa menjadi olahraga yang menyehatkan. Olahraga ini membutuhkan keterampilan dalam menunggang, mengendarai, kuda dengan baik.

Bisa dikatakan olahraga berkuda adalah olahraga yang berkelas. Sebut saja Bella Hadid, Madonna, dan Marry-Kate Olsen merupakan artis dunia yang menekuni olahraga satu ini. Bahkan artis tanah air seperti Nabila Syakieb juga menyukai olahraga berkuda.

Baca juga : Kenali Istilah-istilah Ini dalam Permainan Bulu Tangkis

Banyak orang berkuda bukan hanya untuk terlihat mewah semata. Tapi juga mengambil manfaat yang besar dari berkuda. Berikut ini beberapa manfaat dari olahraga berkuda:

Keseimbangan dan Koordinasi

foto: pexels.com

Untuk mampu mengendarai kuda dengan baik, seseorang juga harus memiliki keseimbangan dan koordinasi tubuh yang baik juga. Setiap langkah yang diambil kuda, seseorang harus menyesuaikan agar tubuhnya tetap di posisi tunggangan yang baik. Hal tersebut memerlukan keseimbangan dan koordinasi tubuh dari penunggang kuda tersebut.

Mengurangi Penyakit Kardiovaskular

foto: unsplash.com

Olahraga berkuda juga dapat menjauhkan dari beberapa penyakit. Bagi kesehatan, berkuda mampu melatih kardiovaskular. Hal ini didapatkan dari usaha dalam menunggang kuda karena saat berkuda usaha yang dibutuhkan lebih banyak, butuh banyak energi, dan kapasitas kardiovaskular.

Melatih Otot Perut

foto: unsplash.com

Jika seseorang melakukan olahraga kuda dengan rentang waktu delapan minggu, akan terbentuk otot perut dan lingkar perut lebih kecil karena pembakaran lemak. Apalagi olahraga tersebut dilakukan dengan rutin, maka juga dapat menjaga kekuatan otot perut.

Melatih Otot Punggung

foto: pixabay.com

Selain bisa melatih otot perut, olahraga berkuda juga dapat melatih otot punggung dan memperbaiki postur tubuh. Dilansir dari horselearner.com, saat sedang mengendarai kuda, postur tubuh harus tegak. Hal ini karena untuk menjaga posisi duduk saat di atas kuda. Jika berkuda dengan postur tubuh yang buruk, dapat menyebabkan cedera punggung.

Mengencangkan Otot Paha

foto: pexels.com

Olahraga berkuda ini juga memiliki manfaat untuk mengencangkan otot paha. Koordinasi tubuh saat mengendarai kuda membutuhkan otot paha yang kuat. Jika otot paha tidak kurang kuat, maka akan sulit untuk menjaga keseimbangan. Hal ini tertulis pada “The Journal of Physical Therapy Science” tahun 2015.

Baca juga : 5 Cabang Olahraga Atletik Untuk Buah Hati Anda

Membakar Kalori

foto: unsplash.com

Olahraga ini tidak hanya melatih kekuatan otot saja, tapi juga bisa membakar kalori. Melakukan Olahraga berkuda selama 45 menit dapat membakar kalori hingga 200 kalori, atau 267 kalori perjam. Itu sama dengan melakukan olahraga jalan cepat atau aerobik air. Hal ini tertulis dalam “International Journal of Exercise Science” tahun 2015.

Itulah beberapa manfaat olahraga berkuda. Bukan hanya terlihat mewah, namun juga dapat melatih otot-otot tubuh. Bahkan dapat membakar kalori jika olahraga berkuda dilakukan dengan baik dan benar.

Sumber: idntimes.com, horselearner.com, liputan6.com

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Muhammad

About the Author: Muhammad Hafizh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *