Ini Aturan Dasar Olahraga Bulu Tangkis yang Perlu Diketahui!

BULUTANGKIS, Malangpost.id – Sebagai salah satu olahraga yang paling banyak menyumbang prestasi di Indonesia bulutangkis menjadi olahraga yang banyak digemari masyarakat. Apalagi belum lama ini masyarakat Indonesia tengah merayakan kemenangan pasangan ganda putri Greysia Polii dan Apriani Rahayu di kejuaraan internasional, Tokyo Olympic. Euforia kemenangan Greys dan Apriani yang masih terasa hingga hari ini, membuat masyarakat berbondong-bondong ikut bermain bulu tangkis.

Kali ini tim malangpost akan memberikan informasi mengenai aturan dasar olahraga bulu tangkis. Untuk bisa bermain dengan baik, pemain bulu tangkis tidak hanya harus mengetahui tentang teknik dasar permainan tetapi juga harus mengetahui aturan dasar permainan bulu tangkis. Aturan permainan bulu tangkis adalah salah satu faktor permainan akan berjalan dengan lancar dan enak ditonton.

BWF, sebagai organisasi organisasi bulu tangkis internasional  menetapkan aturan-aturan dasar dalam permaianan. Yuk kita simak apa saja sih aturan dasar olahraga bulu tangkis yang sudah dirangkum oleh tim malangpost!

Pukulan Servis

Ilustrasi Aturan Servis (Sumber: olahragapedia.com)

Dalam permainan bulu tangkis ganda dan tunggal aturan pukulan servis memiliki prosedur yang hampir sama dimana servis dilakukan kearah lawan yang berada di seberangnya.

Baca juga : Kenali Istilah-istilah Ini dalam Permainan Bulu Tangkis

Seperti dilansir dari buku peraturan resmi BWF, ketika skor angka itu genap seorang pemain melakukan pukulan servis di area sebelah kanan lapangan permainan. Sedangkan saat memiliki angka atau kedudukan ganjil, maka servis dilakukan di area kiri pemain. 

Aturan servis nomor tunggal dan nomor ganda juga berbeda dari garis lapangan.  Untuk nomor ganda, wilayah permainan menggunakan garis batas paling belakang serta sisi paling luar pada lapangan. 

Perhitungan Skor

Ilustrasi Perhitungan Skor (Sumber: m.suarakarya.id)

Baik permainan ganda ataupun tunggal, permainan bulu tangkis terdiri dari dua hingga tiga set dengan skor maksimal 21. Jika terjadi skor yang imbang atau seri seperti 20-20 maka skor pertandingan akan ditambah 2 poin, salah satu pemain akan memenangkan pertandingan jika sudah selisih 2 poin.

Angka tersebut juga memiliki batas maksimal yaitu hingga 30 poin. Apabila pemain bersaing secara ketat hingga mencapai 30 poin, maka yang lebih dahulu berhasil merebut 30 poin yang akan menjadi pemenang.

Jenis Pelanggaran Pemain

Ilustrasi (Sumber: Ist)

Ada beberapa kesalahan dalam permainan bulu tangkis, salah satunya adalah kok menyangkut di bibir net ketika melakukan servis. Hal ini bisa menambah poin skor terhadap tim lawan.

Pelanggaran selanjutnya adalah apabila pemain melakukan aksi pukulan raket melewati net atau kok belum sampai ke area lawan, maka pemain tersebut melakukan pelanggaran. Jika pemain melakukan hal tersebut maka satu poin didapat oleh lawannya. 

Selanjutnya, apabila kok jatuh di area sendiri,gagal servis, dank bola keluar lapangan maka satu poin melayang ke lawannya.

Kartu Kuning, Merah, dan Hitam

Ilustrasi (Sumber: Ist)

Wasit akan mengeluarkan kartu merah ketika pemain melakukan pelanggaran kecil seperti mengulur waktu. Kartu merah dikeluarkan jika pemain melakukan pelanggaran dan mengakibatkan pindahnya servis dan satu poin untuk pihak lawan. Sedangkan kartu hitam digunakan untuk mendiskualifikasi pemain.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Rida

About the Author: Rida Bawa Carita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *