Memperbaiki Postur Tubuh hingga Mengecilkan Perut, Inilah Manfaat dari Olahraga Plank

GENERAL, Malangpost.id – Plank merupakan olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Posisi ini juga memiliki banyak manfaat jika dilakukan secara rutin. Plank cukup efektif sebagai gerakan yang mampu memperkuat otot dan menbgecilkan perut.

Cara melakukan plank adalah mengankat tubuh yang bertumpu di dua tangan. Kedua kaki jinjit untuk membantu menyanggah tubuh. Posisi ini juga bisa menghemat waktu karena dapat dilakuakan dengan cukup singkat. Meskipun terlihat mudah melakukannya, namun perlu pembiasaan di awal karena akan sedikit sulit dilakukan.

Adapun manfaat dari olahraga plank adalah sebagai berikut:

Memperbaiki postur tubuh

Inti dari plank ini adalah menjaga posisi tubuh dalam jangka waktu tertentu dengan memperhatikan keseimbangan dan ketahanan. Posisi ini cocok untuk orang yang memiliki postur kurang baik. Dengan melakukan posisi plank, postur tubuh yang kurang baik dapat diperbaiki.

Menguatkan otot tubuh

Posisi plank jika dilakukan dengan benar dapat memperkuat otot-otot tubuh. Olahraga ini merupakan olahraga isometrik yang membuat otot-otot berkonsentrasi. Ini sangat tepat bagi seseorang yang ingin membangun otot kering tanpa lemak untuk meningkatkan massa otot pada tubuh.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Plank juga bisa membantu untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Ketika metabolisme tubuh meningkat, maka tubuh juga akan menjadi lebih bugar. Melakukan plank dengan rutin dan benar dapat menghindarkan tubuh dari kalori berlebih penyebab kegemukan.

Meningkatkan keseimbangan tubuh

Plank melatih tubuh untuk menahan posisi dalam beberapa waktu. Hal ini berguna untuk melatih kekuatan otot-otot tubuh bagian tengah, punggunga atas, dan panggul. Otot yang sudah meningkat kekuatannya dapat membuat tubuh menjadi lebih seimbang.

Mengecilkan perut

Untuk mengecilkan perut secara efektif bisa melakukan olahraga plank ini. Plank mampu membakar lemak perut sehingga terlihat lebih rata. Selain itu juga dapat menjaga kesehatan tubuh ketika dilakukan secara rutin dengan benar.

Itulah beberapa manfaat plank yang baik untuk tubuh. Apalagi diikuti dengan pola makan yang sehat, Tubuh akan semakin terlihat bugar.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Muhammad

About the Author: Muhammad Hafizh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *