Daun Kemangi Efektif Obati Kanker Mulut

Tahukah Anda kalau daun kemangi efektif mengobati kanker mulut? Siapa sangka kalau lalapan ini bisa menjadi obat?

KESEHATAN, malangpost.id, Kanker menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Salah satu dari sepuluh jenis yang paling banyak menyerang manusia adalah kanker mulut. Menyebabkan sulit bicara, menelan, mengunyah serta nyeri. Jika tidak dirawat, jelas mengganggu kelangsungan hidup. Beberapa waktu lalu, ramai diberitakan siswa atau mahasiswa menemukan obatnya. Seperti kanker payudara, serviks, dan lainnya.

Kali ini tiga mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya menemukan juga. Jenisnya obat oles. Alternatif pengobatan kanker
mulut. Bahannya ekstrak daun kemangi. Bentuknya gel ukuran nano. Mereka adalah Nafilah Inas Athaya, Karina Damayanti dan Risa Fitriana
Gisma. Pembimbingnya, drg Astika Swastirani M.Si. Ide bermula dari banyaknya lesehan, warung, dan rumah makan menyajikan menu lalapan. Daun kemangi selalu menjadi pelengkapnya.

Sudah biasa dikonsumsi. Tapi banyak masyarakat yang belum tahu manfaat kandungannya, bisa menjadi obat herbal. Di Indonesia, banyak yang memiliki kebiasaan merokok. Ini salah satu pemicu kanker mulut. Selain faktor riwayat infeksi virus dan konsumsi alkohol. Berdasarkan studi literatur dari penelitian sebelumnya, mereka menemukan fakta. Kemangi mengandung beberapa senyawa: eugenol, etanol, flavonoid, saponin, tanin dan triterpenoid. Mampu menghambat pertumbuhan dan menyebabkan kematian sel kanker. Termasuk kanker rongga mulut. Memiliki kemampuan antioksidan yang sangat tinggi, melawan radikal bebas.

Banyak ditanam dan mudah dijumpai di kebun, pagar, pinggir jalan juga huma. Maka tim tersebut meneliti potensi ekstrak daun kemangi. Tidak banyak efek sampingnya. Mudah didapat. Harga relatif lebih murah. Ini bisa membantu pasien yang mengalami kanker mulut. (ozi-yan)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close