Tips Mengelola Keuangan di Masa Pandemi Ini

Di masa apapun, mengelola keuangan dengan baik sangat perlu

TIPS, malangpost.id – Perlu anda ketahui, bahwa dengan masuknya Covid-19 ke Indonesia membawa dampak dalam berbagai hal. Salah satunya adalah dampak negatif terhadap perekonomian negara, dan pastinya masyarakat juga kena. Sehingga perlulah masyarakat jeli dalam menghadapi perekonomiaan saat ini.

Untuk itu, kali ini rubrik akan memberikan tips mengenai bagaimana cara mengelola keuangan yang baik dan benar di masa pandemi ini. Untuk tahu lebih jelasnya, langsung simak penjelasan berikut ini yuk.

1. Evaluasi Dulu Sumber Penghasilan Anda Saat Ini

Pertama, evaluasilah sumber penghasilan atau finansial anda. Sehingga mulai saat ini, anda bisa menyisihkan uang tersendiri dan digunakan saat mengalami keadaan terdesak. Dengan menggunakan plan ini, maka anda tidak akan takut dengan risiko yang ada.

Apapun pekerjaan anda bisa teratasi dengan langkah ini, apalagi anda bisa memilah-milah mana kebutuhan penting dan keinginan saja (alias mengetahui apa yang diprioritaskan). Mengelola keuangan dengan langkah ini dijamin tidak akan ribet.

2. Jangan Membeli Barang atau Produk dengan Sistem Mencicil

Nah, ini yang perlu diperhatikan. Mengelola keuangan dengan langkah ini berguna untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan uang. Salah satunya, dengan membeli barang atau produk secara tunai lebih disarankan daripada mencicil.

Jika tidak sanggup untuk membayar tunai, maka lebih baik jangan beli dulu. Atau anda bisa beli barang yang sama yang sudah disesuaikan dengan budget. Sehingga, untuk kondisi pandemi ini, lebih baik memang yang diprioritaskan saja barang, jasa, dan lain sebagainya.

3. Carilah Sumber Penghasilan Tambahan

Mengelola keuangan dengan langkah ketiga yaitu mencari sumber penghasilan yang lain sebagai cadangan dan tidak mengandalkan penghasilan utama. Gunanya adalah untuk mencegah dan meminimalisir risiko kerugian yang akan terjadi.

Apalagi jika anda seorang freelancer, maka akan lebih baik jika anda mencari penghasilan tambahan yang lain (karena tidak punya pekerjaan yang tetap). Peluang bisnis akan muncul di masa pandemi ini, baik secara online maupun offline. Sehingga dicoba saja.

5. Sisihkan Uang untuk Investasi Anda

Pada zaman ini, investasi juga penting selain menabung. Entah investasi saham, emas, property, dan lain-lain. Tergantung minat anda pada bidang yang mana. Terpenting anda ahli di bidang ini dan bisa mengelola keuangannya.

Tabungan berjangka juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengambil keuntungan dalam jangka panjang. Jadi tidak akan khawatir dengan keadaan yang ada saat ini.

6. Sisihkan Uang Anda untuk Dana Kesehatan

Di tengah pandemi ini, maka mengelola keuangan tidak hanya untuk menstabilkan pemasukan saja, tetapi juga untuk jaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Hal tersebut bisa dilihat dalam kondidi kesehatan. Otomatis, hal ini penting tidak hanya pada masa pandemi saja.

Kesehatan berjangka panjang juga perlu dilakukan, seperti mempunyai BPJS, mengurus kartu kesehatan, dan lain sebagainya. Untuk itu, generasi penerus seperti anak anda tidak perlu khawatir akan jaminan kesehatan yang ada.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara atau tips mengelola keuangan yang baik dan benar di masa pandemi ini. Semoga anda bisa beraktivitas tanpa melupakan kesehatan dan bisa mengatur keuangan dengan baik.

Mengelola keuangan saja tidak cukup, tetapi perlu diimbangi juga akan pengetahuan mana yang prioritas dan mana yang hanya keinginan saja (alias tahu prioritas dan yang bukan). Pandemi memang mengubah segalanya, tetapi untuk pengaturan uang kalau bisa harus lebih baik dong.

Semoga bermanfaat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close