Ide Penghasilan Tambahan Untuk Bertahan di Masa Pandemi

KARIR, malangpost.id – Ingin mendapatkan penghasilan tambahan untuk bertahan selama pandemi?

Sejak merebaknya wabah virus Corona dan ditetapkan sebagai pandemi beberapa waktu lalu, banyak orang terkena dampak ekonomi. Selama beberapa bulan terakhir, banyak yang harus mengatur ulang prioritas pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari. Bahkan sebagian orang mengalami masa sulit karena kehilangan pekerjaan atau mengalami penurunan pendapatan.

Di saat sulit ini, kita dituntut untuk lebih kreatif dalam mencari cara untuk mendapatkan pemasukan. Mendapatkan penghasilan tambahan tentu akan sangat membantu keuangan kita. Bagi sebagian orang, mungkin sedikit kesulitan untuk mencari tambahan uang.

Namun, ada berbagai macam pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan di masa pandemi ini. Hasilnya mungkin tidak besar, tapi setidaknya bisa diandalkan.

Mulai dengan langkah ini

Sebelum memutuskan jenis pekerjaan untuk mencari penghasilan tambahan, Anda bisa mempertimbangkan hal ini:

Cari tahu kelebihan Anda

Anda bisa memulai dengan mencari tahu apa kelebihan atau skill yang dipunyai atau dikuasai. Memasak, menjahit, atau membuat design? Anda bisa menawarkan jasa atau membuat dan menjual apa yang jadi kelebihan diri Anda.

Maksimalkan hobi

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan, Anda juga bisa lho memanfaatkan hobi yang ditekuni. Mengerjakan sesuatu yang disukai dan bisa menghasilkan uang tentu sangat menyenangkan. Dan pastinya, Anda tidak merasa seperti sedang bekerja.

Perhatikan tren & permintaan pasar

Setelah mencari tahu kelebihan atau hobi, jangan lupa perhatikan apa yang sedang menjadi tren serta kebutuhan pasar saat ini. Hal ini bisa membantu Anda menemukan ide untuk menjual atau menawarkan jasa. Selain itu, hal yang sedang tren dan banyak diminati pasar biasanya memiliki banyak peminat, sehingga Anda punya peluang mendapatkan keuntungan besar.

Ide untuk penghasilan tambahan

Saat ini, hampir setiap orang memiliki smartphone. Anda bisa memaksimalkan penggunaan perangkat elektronik untuk mendapatkan tambahan uang. Selain menggunakan smartphone, ada beberapa cara lainnya ntuk mendapatkan tambahan uang saat pandemi.

Simak yuks, apa saja ide yang bisa Anda coba untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Berjualan untuk penghasilan tambahan        

Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan berjualan tanpa harus menyewa tempat usaha. Manfaatkan perangkat yang dimiliki seperti smartphone dan laptop untuk mendapatkan keuntungan.

Produk fashion & frozen food

Anda bisa berjualan produk fashion atau makanan beku secara online. Dua jenis barang ini selalu punya banyak peminat di pasaran. Dengan memanfaatkan smartphone, laptop, dan data internet, Anda bisa menjadi dropshipper atau reseller pakaian yang sedang tren saat ini. Frozen food seperti nugget, kebab, dan bakso bisa disimpan lama. Sehingga cocok bagi mereka yang ingin memasak dengan praktis.

Preloved

Selama pandemi ini, mungkin Anda punya waktu lebih di rumah untuk membongkar lemari dan menyortir barang-barang pribadi. Nah, jika Anda punya sepatu, baju, atau buku yang sudah tidak dipakai dan masih dalam kondisi bagus, Anda bisa menjual barang-barang tersebut.

Manfaatkan media sosial seperti Instagram, komunitas, dan toko online untuk menawarkan barang preloved Anda. Barangkali, barang-barang preloved tersebut termasuk dari yang orang lain inginkan.

Manfaatkan hobi

Apakah Anda memiliki hobi yang disukai dan cukup ahli? Dengan kreativitas, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari hobi tersebut. Anda hobi membuat kue atau memasak makanan? Banyak orang yang tidak punya waktu memasak bisa menjadi pelanggan Anda lho!

Jika Anda suka berkebun, ini juga bisa menjadi pilihan. Tanaman hidroponik seperti sayuran dan bumbu berpeluang besar untuk dijual.

Menjadi freelancer

Dengan kemajuan teknologi, Anda bisa bekerja dari mana saja hanya dengan bantuan internet dan laptop. Mahir menulis atau membuat design?Anda bisa memanfaatkan keahlian yang dimiliki untuk menjadi seorang freelancer.

Anda juga bisa mencoba virtual assistant dan translator untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tersedia beberapa situs pekerjaan freelance yang Anda bisa ikuti, daftar di situs tersebut, dan carilah pekerjaan sesuai dengan keahlian Anda.

Les privat

Anda menguasai bahasa asing atau mata pelajaran dan keahlian khusus? Keahlian tersebut bisa digunakan untuk memberikan layanan les privat. Anda bisa mengadakan les untuk beberapa orang sekaligus. Selama pandemi, Anda bisa memberikan les privat secara online melalui video call.

Menjadi Youtuber atau influencer

Bagi Anda yang menyukai membuat konten menarik, pilhan menjadi seorang youtuber atau influencer bisa dipertimbangkan. Anda akan mendapatkan pendapatan dari jumlah views dari channel Youtube Anda. Punya akun Instagram dengan follower ribuan? Anda bisa manfaatkan untuk online shop atau jasa yang dijual.

Menjual jasa

Jangan sungkan atau malu untuk menawarkan jasa Anda. Sebagian orang mungkin tidak punya waktu atau keahlian untuk melakukan hal-hal tertentu. Hal ini bisa jadi peluang Anda untuk mendapatkan uang tambahan. Anda bisa menawarkan jasa untuk membersihkan taman, perabotan, atau memperbaiki beberapa kerusakan alat-alat elektronik.

Jika ekonomi Anda terdampak karena dirumahkan atau pendapatan menurun, Anda bisa mencoba beberapa ide di atas. Manfaatkan hobi, peluang, dan perangkat yang Anda miliki.

Beberapa pekerjaan bisa dilakukan secara online tanpa harus meninggalkan rumah. Anda juga bisa mendapatkan pemasukan dengan sedikit modal seperti dropshipper. Apapun yang ingin Anda coba, tetap semangat dan jangan menyerah! (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close