5 Tips Membangun Karir di Masa Pandemi Ini

Karir, karir, karir, yah begitulah

KARIR, malangpost.id – Di masa pandemi ini, banyak yang bingung bagaimana memulai karir yang baik, bagaimana mengembangkan karir yang baik. Akibat Covid-19 memang membawa dampak yang signifikan, tetapi coba perlu merubah mindset bahwa hal tersebut bisa dicari pola baru agar bisa berkarir.

Untuk itu, manfaatkan apa yang anda punya sekarang yang berkaitan dengan karir. Dimulai dari hal sederhana itu. Kemudian, cari karir yang paling priorotas dan anda bisa di masa pandemi ini. Berkarir pasti pada awalnya bukan uang tujuan utamanya, tetapi berhasil dulu karirnya.

Oleh karena itu, rubrik akan membahas secara cuma-cuma kepada pembaca tentang tips membangun karir di masa pandemi ini. berikut ulasannya:

1. Kembangkan Banyak Hal yang Anda Punya

Seperti penjelasan sedikit di awal, bahwa  cobalah membuat berbagai perencanaan karir tidak hanya satu karir saja. Ada cadangannya, jadi saat plan A gagal maka ada plan B dan itu nanti yang tidak membuat anda kecewa.

Dengan adanya pemikiran tersebut, anda bisa menyesuaikan dengan keadaan pandemi yang tidak pasti ini. Sehingga, anda cukup tangguh dan lihai jika sudah bisa beradaptasi dengan kondisi lingkungan tersebut. Perencanaan baik untuk masa depan anda.

2. Memahami Kondisi yang Ada

Yap, seperti penjelasan di atas bahwa anda harus memahami kondisi dan bisa beradaptasi dengan keadaan lingkungan yang ada. Sudah tahu masa depan tidak pasti, kenapa anda masih tenang-tenang saja. Kalau bisa mulai persiapkan yah agar tidak menyesal di belakang.

Hal tersebut jadikan kesempatan emas dalam memulai atau membangun suatu karir dengan motivasi yang dimiliki. Selain itu juga kembangkan skill yang anda miliki. Siapa tahu itu cukup membantu dalam menemukan karir anda di masa pandemi ini.

3. Cari Proyek, Kembangkan Pengetahuan, dan Cari Relasi

Selain mengembangkan skill, ternyata masih ada hal lain yang penting dan perlu dilakukan. Selama pandemi jangan diam saja, tetapi carilah proyek apapun itu yang anda bisa. Kemudian kembangkan pengetahuan yang anda punya, dengan diimbangi oleh relasi yang luas dan kuat.

Tiga hal di atas cukup penting dilakukan dan dipunya. Karena tiga hal tersebut memang membantu sekali. Apalagi di masa pandemi ini yang ada jaga jarak dan menerapkan social distancing (new normal era).

4. Terhubung dan Komunikatif dengan Kontak yang Kita Miliki

Kontak yang kita miliki maksudnya tidak hanya untuk satu aplikasi seperti nomor chatting saja yah, tetapi kontak yang berkaitan seperti akun, teman media sosial, itu sangat membantu sekali di masa pandemi ini. Jadi coba manfaatkan dengan aktif terus di medsos dengan niat baik.

Dalam membangun karir lewat online, pasti perlu adanya strategi yang harus diatur dan dilaksanakan. Tidak hanya asal-asalan saja, tetapi juga perlu cara menarik agar teman atau kontak media sosial anda menjadi mendukung akan karir anda.

Adanya kontak baru dan relasi baru pasti memunculkan perspektif yang baru.

5. Diskusikan Perubahan Karir dengan Orang yang Tepat

Nah, ini yang perlu. Sebelum membangun suatu karir akan lebih baik jika mengkonsultasikan rencana anda ke orang yang paham dan cocok dengan anda maupun karir yang akan dituju. Gunanya, anda tidak akan meleset lebih jauh atau berhenti di tengah jalan.

Bukannya apa, ide-ide dan perspektif orang sangat membantu anda dalam mempertimbangkan suatu karir yang akan dikembangkan maupun dibangun. Dengan adanya orang yang terpercaya (tepat), anda tidak takut untuk memulai.

Nah, itulah 5 tips membangun karir di masa pandemi ini. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close