Tips Mengatur Waktu Agar Bisa Istirahat saat WFH

WFH, kerja bagi waktu juga perlu istirahat dong!

KARIR, malangpist.id – WFH memang menyita banyak waktu dan kadang jika tidak terbiasa maka tidak bisa membagi waktu. Istirahat itu perlu karena tubuh anda perlu istirahat dan menyimpan energi baru. Mengatur waktu harus dimiliki oleh setiap orang.

Cara mengatur waktu agar benar adalah dengan menentukan skala prioritas apa saja yang perlu didahulukan dan be;um dilakukan. Agar anda bisa menyelesaikannya dengan baik. Di masa pandemi ini banyak yang WFH lewat online dan itu melelahkan jika tidak diimbangi dengan jam istirahat yang baik.

Untuk itu, agar masa istirahat anda baik dan cukup, maka perlu anda simak topik berikut ini. Mengenai cara mengatur waktu agar bisa istirahat saat WFH.

1. Lakukan Time Blocking

Langkah ini membuat anda harus memakai jadwal harian jadi jauh-jauh hari harus direncanakan. Setiap kegiatan per hari dilist agar bisa termanajemen dengan baik. Jadi tahu waktu jeda dan waktu berkegiatan maupun bekerja.

Harus membedakan masing-masing kegiatan tersebut, dalam artian harus dimasukkan dalam per kategori. Agar tahu mana yang perlu dilakukan dulu dan mana yang bisa dipending. Anda bisa membaginya menjadi dua kategori, dimana proactive untuk kegiatan penting.

Dan untuk reactive ke kegiatan yang tidak penting (bukan prioritas). Masukkan semua list kegiatan ke dalam Google Calendar yang pastinya otomatis tersambung dengan Gmail. Anda bisa melihat listnya dengan mudah lewat HP.

2. Istrirahat Jangan Dilakukan Hanya untuk Ishoma

Tubuh akan terasa tidak sehat jika istirahat hanya dalam waktu yang singkat saja. Pastikan anda melakukan jeda sekitar 5-30 menit untuk melakukan jalan-jalan atau keliling rumah. Anggap saja olahraga, karena jika tidak diimbangi dengan olahraga sakitlah tubuh kita.

3. Realistislah dalam Membuat Jadwal

Time block bisa dibilang sebagai metode yang kaku dan ketat tetapi anda juga harus realistis dalam membagi waktu. Siapkan waktu untuk kegiatan mendadak siapa tahu ada yang terjadi di hari itu. Metode Most Important Task (MIT) menjadi alternatif agar anda bisa termanajemen dengan baik.

Selain hp, anda bisa menggunakan sticky notes maupun notes lainnya di komputer jika anda lebih sibuk di laptopnya. Tetapi pada akhirnya sama kok, cuma bedanya di perangkat atau medianya. Anda tidak boleh melakukan kegiatan selain yang dilist berdasarkan waktunya. Hal itu kadang efisien.

4. Tentukan Deadline yah Kak!

Ini yang penting, karena dengan adanya deadline tahu mana yang diprioritaskan dan mana yang belum diprioritaskan. Jangan sampai anda keliru ngelist dan jadwal anda menjadi berantakan. Itu yang tidak benar-benar dan perlu diperhatikan maupun butuh adanya kehari-hatian.

5. Pilih Kegiatan yang Kurang Nyaman

Maksudnya adalah jika anda kesulitan menentukan prioritas, maka carilah kegiatan yang sulit untuk ditebak maupun diputuskan. Jadi dari pada kepikiran dan tidak membuat nyaman, lebih baik pilih itu saja.

6. Lakukan Teknik Pomodoro

Maksudnya adalah lebih ke manajemen secara simpel, kelebihannya tidak kalah membuat anda menjadi lebih produktif. Alat yang digunakan hanyalah timer biasa. Bisa lewat hp atau jam tangan yang anda punya. Jika bergelut di laptop maka pilihlah timer dari komputer.

Nah, itulah 6 tips yang bisa anda aplikasikan guna mengatur waktu agar bekerja dengan baik dan bisa beristirahat dengan cukup saat WFH. Hal yang perlu anda ketahui, istirahat itu pelu agar tidak terjadi apa yang tidak diinginkan. Good luck dan tetap jaga kesehatan.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close