9 Fakta Influenza Mengalahkan Kasus Kematian Covid 19!

Covid yah?. Hmm.

KESEHATAN, malangpost.id – Maraknya virus Corona yang ada di Indonesia maupun belahan dunia membuat dunia resah dengan membanding-bandingkan virus ini dengan virus yang lain. Maraknya berita bahwa virus influenza lebih membahayakan dan mematikan dari Corona menjadi pertanyaan berbagai kalangan.

Karena kematiannya juga dibanding-bandingkan, dimana jumlah kematian lebih banyak terkena virus influenza. Apakah benar faktanya seperti itu?. Padahal belum tentu juga. Maka dari itu, berikut ini akan dipaparkan fakta-fakta tentang virus influenza.

1. Gejala Penyakit Sama Dengan Virus Corona

Virus influenza memiliki gejala penyakit yang sama seperti virus Corona. Jadi kedua virus ini sama-sama menyerang pernapasan yang mana nanti muncul menjadi berbagai penyakit dari asimtomatik atau ringan hingga parah, sampai pada titik kematian.

2. Penularan Virus Melalui Beberapa Hal

Virus influenza dalam penularannya melalui kontak, fomites, maupun tetesan. Sehingga kebersihan tangan dan etika pernapasan perlu dijaga dan diperhatikan. Seperti batuk terkena salah satu anggota badan segera putus jaringan dengan membersihkan melalui tisu dan lain sebagainya.

Hampir sama dengan virus Corona

3. Penularan yang Cukup Cepat

Untuk penularan virus lebih cepat virus influenza daripada Corona. Hal tersebut didasarkan pada virus influenza yang memiliki masa inkubasi lebih pendek, yaitu 3 hari. Untuk virus Corona lebih panjang, yaitu sekitar 5-6 hari.

4. Jumlah Terkena Virus Tidak Bisa Diprediksikan

Jumlah individu yang terinfeksi bisa sekitar 2-2,5 juta untuk virus Corona dan itu lebih tinggi daripada virus influenza. Tetapi perlu diketahui bahwa dua virus ini tidak bisa diprediksikan secara pasti jumlah yang terkena karena bergantung pada kondisi konteks dan waktu.

5. Lebih Rawan Terkana ke Anak-anak

Seperti diketahui, bahwa virus influenza lebih menular ke orang-orang yang berumur tua atau cukup tua. Sedangkan, untuk virus influenza malah sebaliknya, malah rentan terkena ke anak-anak. Mulai dari umur 0-19 tahun. Rentan juga untum wanita hamil dan lansia yang mempunyai rekam medis kronis.

6. Lebih Minim Kematian daripada Virus Corona

Kematian akibat virus Corona memang lebih tinggi daripada virus influenza, maupun influenza musiman. Hal tersebut berdasarkan data yang diperoleh. Kematian pada akhirnya ditentukan oleh akses dan kualitas perawatan kesehatan.

7. Intervensi Medis Influenza Beda dengan Corona

Untuk virus influenza sudah ada vaksin dan antivirus yang berlisensi. Sedangkan untuk Corona malah sebaliknya, walaupun sudah ada sejumlah terapi, vaksin, dan anti virus tetapi belum berlisensi. Masih dalam pengembangan dan tahap percobaan.

8. Proses Penanganan Berbeda Beserta Obatnya

Pastinya, setiap penyakit berbeda dalam hal treatment atau penanganannya maupun obatnya. Sehingga perlu hati-hati dalam mendiagnosa gejala. Apakah memang terkena influenza atau flu biasa. Atau malah Corona?. Hati-hati yah.

9. Sama-Sama Diberantas dengan Pola Hidup Sehat dan Bersih

Yap ini sangat perlu dan tidak hanya untuk penyakit ini saja. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Virus Corona maupun virus influenza lebih ke penularan secara kontak anggota badan. Sehingga kebersihan memang harus dijaga secara penuh.

Nah, itulah 9 fakta tentang virus influenza. Dan sudah ditemukan faktanya yah, bahwa virus Corona lebih banyak menyumbang angka kematian menurut data yang ada. Sedangkan virus influenza tidak atau alias sewajarnya. Sesuai dengan kondisi dan kesehatan yang ada.

Jadi, jangan lupa jaga kebersihan yah jika dilihat dari penjelasan di atas. Maupun kebersihannya jangan lupa.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close