Ini Dia Startup Pembayaran Digital Berbasis Teknologi?

TEKNOLOGI, malangpost.id – Dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan saat ini, memungkinkan perkembangan berbagai macam layanan keuangan yang memudahkan masyarakat, termasuk pembayaran digital.

Semakin hari masyarakat, terutama di perkotaan, lebih memilih transaksi cashless atau non-tunai. Masyarakat mulai meninggalkan uang tunai untuk membeli dan/atau membayar sesuatu.

Pilihan transaksi dengan non-tunai atau dikenal dengan pembayaran digital semakin meningkat karena dianggap lebih praktis, aman, dan cepat. Anda tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak atau repot kehabisan uang tunai di saat-saat Anda membutuhkannya.

Bahkan, pembayaran non-tunai menjadi opsi utama melakukan transaksi atau pembayaran selama pandemi ini.

Pembayaran digital

Pembayaran digital adalah sebuah cara pembayaran yang berbasis teknologi seperti Mobile Banking, SMS, Internet Banking, Digital Wallet, dan sebagainya. Anda hanya perlu menggunakan ponsel Anda untuk mendapatkan semua kemudahan pembayaran cashless.

Pembayaran jenis ini juga sangat membantu menghewat waktu. Anda tidak harus keluar rumah atau tempat kerja untuk membayar tagihan seperti tagihan listrik, telepon, air, dan gas.

Bahkan, Anda bisa transfer dana dan berbelanja dengan pembayaran digital. Dan yang paling utama, semua bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, selama Anda memiliki koneksi internet.

Dilansir dari bisnis.com, Morgan Stanley mempublikasikan hasil riset pada Kamis, 21/2/2019 lalu yang memperlihatkan jumlah kenaikan pengguna dan transaksi pembayaran digital di Indonesia.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), sepanjang tahun 2018, nilai transaksi pembayaran digital menyentuh angka Rp47,19 triliun. Terjadi peningkatan empat kali lipat dari nilai transaksi tahun sebelumnya, sebesar Rp12,37 triliun.

Startup pembayaran digital

Untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan pembayaran non tunai, banyak pebisnis yang tertarik untuk mengembangkan perusahaan rintisan atau startup berbasis teknologi. Dan perusahaan startup pembayaran digital juga terus memperbarui layanan bagi para penggunanya.

Nah, apa sajakah startup pembayaran digital berbasis teknologi yang ada di Indonesia? Simak informasi berikut yah!

Go-Pay

Go-Pay merupakan salah satu pembayaran digital yang dimiliki oleh start up Go-Jek. Bagi Anda pengguna setia Go-Jek, tentu sudah tahu mengenai fasilitas Go-Pay yang sebelumnya bernama Go-Wallet.

Dengan dompet virtual ini, Anda bisa membayar transaksi layanan yang ada di dalam aplikasi Go-Jek. Mulai dari pengisian pulsa dan internet dengan pilihan operator seperti XL, Indosat, Telkomsel, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Go-Pay untuk membayar tagihan seperti pembayaran listrik, tagihan internet, air, hingga BPJS. Masih ada lagi nih! Dengan Go-Pay, Anda juga bisa transfer dan tarik tunai uang!

Untuk mengisi Go-Jek kreditpun sangat mudah. Go-Pay sudah terintegrasi dengan beberapa bank besar untuk melakukan isi saldo baik dengan internet banking ataupun ATM, seperti BCA, Bank Mandiri, dan CIMB Niaga.

Doku Wallet

Doku Wallet merupakan solusi pembayaran digital yang dikeluarkan oleh PT. Nusa Satu Inti Artha. Aplikasi ini memiliki fitur penghubung ke uang elektronik/cash wallet dan kartu kredit.

Untuk keamanan, aplikasi ini dilengkapi dengan PIN dan password. Anda bisa melakukan pembayaran berbagai macam tagihan, mulai dari tagihan internet, listrik, dan telepon.

Doku juga bisa digunakan untuk pembayaran tiket pesawat dan kereta api, serta pembayaran cicilan kredit. Selain itu, Anda juga bisa melakukan tarik tunai dan transfer saldo ke sesama pengguna Doku.

Apakah Anda sering berbelanja di e-commerce luar negeri? Nah, Anda bisa memanfaatkan Doku untuk pembayaran transaksi seperti di AliExpress.

OVO

Startup berikutnya adalah OVO. Siapa nih yang tidak kenal dengan OVO? Mungkin Anda sering menggunakannya untuk mendapatkan berbagai macam diskon dan cashback?

Aplikasi ini juga memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran dan transaksi secara online. Mulai dari pembayaran internet, listrik, isi pulsa, hingga berbelanja. Bahkan, Anda berkesempatan untuk mendapatkan poin setiap kali melakukan transaksi pembayaran.

Dengan kemudahan yang ditawarkan, Anda tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak. Untuk top-up saldo OVO pun terbilang mudah. Anda bisa melakukan top-up melalui internet banking, m-banking, ATM, dan merchant yang bekerja sama dengan OVO.

DANA

Ingin kemudahan bertransaksi tanpa uang tunai dan kartu? Anda bisa melirik aplikasi DANA. Dengan slogannya, Dompet Digital Indonesia, DANA menawarkan beragam macam layanan untuk memudahkan dan menghemat waktu Anda.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa menyimpan kartu kredit dan debit Anda. Sehingga pembayaran tagihan bulanan seperti listrik, air, asuransi, pulsa, dan lainnya semakin mudah. Belanja online di marketplace favorit Anda? Tentu saja Anda juga bisa membayar transaksi dengan menggunakan Saldo DANA.

DANA juga sudah dilengkapi dengan fitur QR Code yang akan mempercepat saat melakukan pembayaran di merchant-merchant DANA. Anda juga bisa melakukan transfer uang dengan aplikasi ini ke rekening DANA atau rekening bank teman atau kerabat. Untuk pengisian saldo juga mudah, bisa melalui mobile-banking atau ATM.

True Money

True Money adalah salah satu startup pembayaran digital lainnya. Aplikasi ini merupakan layanan cashless payment yang memungkinkan Anda melakukan semua transaksi melalui aplikasi smartphone berbasis Android, mesin EDC, dan website.

Untuk kemudahan bertransaksi digital di mana saja dan kapan saja, True Money memiliki beberapa fitur, diantaranya pembelian pulsa, paket data, token, listrik, dan voucher games. Anda juga bisa melakukan tarik tunai melalui Alfamart, Alfamidi, dan Agen True Money.

Tagihan rutin seperti PDAM, PLN, BPJS, multi-finance, dan televisi berbayar juga tersedia untuk kemudahan Anda. Bahkan, Anda bisa mengirim uang ke seluruh Indonesia tanpa perlu rekening!

Itulah beberapa startup pembayaran digital yang cukup populer di Indonesia. Dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, kita sangat terbantu dalam aktivitas sehari-hari.

Tentu saja, masih ada beberapa layanan lainnya selain yang disebutkan di atas. Kalau Anda sendiri, aplikasi pembayaran digital apa yang Anda gunakan? (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close