Ini Dia Hotel di Malang Yang Menjalani Protokol Kesehatan Secara Ketat, Liburanmu Aman!

WISATA, malangpost.id – Memasuki new normal (kelaziman baru) atau kita mengenalnya dengan adaptasi kebiasaan baru, beberapa tempat wisata hits Malang telah dibuka kembali. Begitu juga resto dan hotel di Malang yang sebelumnya sempat mengalami penurunan selama pandemi.

Walaupun aktivitas luar ruang belum bebas seperti sebelum pandemi, setidaknya pada masa long weekend beberapa waktu lalu telah terjadi peningkatan okupansi yang cukup signifikan di beberapa hotel di Malang, Jawa Timur.

Hotel yang telah melayani kembali para tamu tersebut telah memiliki stiker verifikasi dan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat. Hal ini sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 19 Tahun 2020 tentang Pedoman Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Jika Anda memiliki rencana untuk berkunjung ke tempat wisata hits Malang, namun masih ragu mengenai akomodasi, tenang saja!

Berikut beberapa hotel di Malang yang telah menjalani protokol kesehatan secara ketat agar liburan Anda tetap aman.

1. Atria Hotel and Convention Malang

Pada libur panjang pertama selama pandemi 28 Oktber hingga 1 November kemarin, Atria Hotel and Convention Malang mengalami peningkatan permintaan. Permintaan ini datang dari wisatawan yang cukup antusias untuk menghabiskan waktu liburan di Kota Malang.

Menurut Banquet Sales Executive, Brigit Puspitasari, Atria memiliki 175 kamar dan menyediakan sekitar 70 sampai 85 persen dari total kapasitas dan semuanya penuh saat long weekend lalu.

Pihak hotel menerapkan protokol kesehatan secara ketat bagi para tamu yang datang menginap. Semua tamu yang masuk ke hotel akan diperiksa suhu tubuh, wajib cuci tangan, dan menggunakan masker.

Selain itu, hotel menyediakan tempat cuci tangan di beberapa titik di sekitar hotel. Hotel juga membersihkan kamar yang telah dipakai dengan disinfektan. Kamar yang telah dibersihkan akan dibiarkan dulu selama 1×24 jam sebelum digunakan kembali.

2. Hotel Santika Premiere Malang

Public Relation Officer Hotel Santika Premiere Malang, Essa Sinaga menyebutkan, selama pandemi hotel mengalami penurunan sebanyak 20 hingga 30 persen. Namun, pada liburan panjang yang lalu, terjadi peningkatan okupansi mencapai 90 persen.

Sejak masa adaptasi kebiasaan baru dimulai, Hotel Santika menerapkan protokol kesehatan ketat di lingkungan hotel. Pengelola hotel mewajibkan semua tamu untuk memakai masker di seluruh area hotel. Pihak Hotel Santika Premiere Malang juga melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area.

3. Hotel THE 1O1 Malang OJ

Mulai beroperasi kembali di masa adaptasi kebiasaan baru, pengelola Hotel THE 1O1 Malang OJ telah menyusun prosedur operasi standar dan protokol kesehatan ketat. Menurut General Manager Hotel THE 1O1 Malang OJ, Ade Sudrajat, hal ini sesuai dengan arahan pemerintah.

Lebih lanjut ia mengatakan pembaruan prosedur operasional hotel mengutamakan aspek higienitas. Hal ini berlaku tidak saja bagi seluruh karyawan hotel, tapi juga eleman lain seperti seluruh tamu, pelanggan, dan pemasok.

Pengelola hotel menerapkan metode mencuci tangan, penetapan standar peralatan perlindungan bagi karyawan, dan melakukan physical distancing.

Penerapan prosedur protokol kesehatan terutama bagi petugas yang berhubungan langsung dengan tamu, diantaranya resepsionis, kitchen, housekeeping, dan layanan laundry.

4. el Hotel Kartika Wijaya Batu

Hotel yang terletak di Batu, Malang ini memulai operasional hotel dengan menerapkan standar operasional baru. Standar operasional ini menekankan aspek kesehatan dan keamanan bagi tamu dan juga karyawan hotel.

Sales & Marketing Manager, Ida Marga Dewi, menerangkan, pengelola hotel telah menjalankan protokol kesehatan yang diberlakukan di seluruh area hotel. Diantaranya kamar tamu, ruang publik, hingga area karyawan.

Penerapan protokol kesehatan yang dilakukan mulai dari pengecekan suhu tubuh setiap tamu di pintu masuk dan kewajiban memakai masker di area hotel. Pengelola juga menyediakan wastafel untuk cuci tangan beserta sabun cuci tangan serta hand sanitizer di beberapa area strategis.

Ditambah lagi, untuk tamu yang check in, tersedia sarung tangan, alat tulis, dan masker wajah yang masih terbungkus. Physical distancing juga diterapkan di kafe dan restaurant dengan pengaturan jarak antar kursi.

5.  The Onsen Resort and Hot Spring

Resort wisata hits Malang yang mengusung konsep Jepang ini telah memulai kembali operasional hotel sejak Juni lalu. Pengelola melakukan beberapa persiapan, termasuk pengecekan prosedur oleh Satgas Covid-19 Kota Batu.

Jumlah pengunjung restoran dan tamu dibatasi, begitu juga dengan resort yang dibuka hanya sekitar 50 persen. Pengelola resort menerapkan protokol kesehatan dengan pemeriksaan identitas, pengecekan suhu tubuh saat masuk ke area hotel, serta wajib mencuci tangan.

Selain itu, pengelola juga melakukan semprot disinfektan dan antiseptik di area resort, sekitar restoran, dan bagi kendaraan yang masuk area parkir. Kamar yang telah digunakan dibersihkan dan disemprot disinfektan serta sterilisasi selama dua hari.

Tidak itu saja, pemeriksaan suhu tubuh juga dilakukan kepada tamu yang akan masuk ke area restoran. Pengunjung yang memiliki suhu tubuh di atas 37 derajat celcius tidak diperbolehkan masuk. Mereka akan diminta menunggu untuk beristirahat di ruangan yang disediakan selama 10 menit.

Nah, itu tadi beberapa hotel di Malang yang telah menerapkan protokol kesehatan ketat di masa adaptasi kebiasaan baru ini. Jadi, buat Anda yang ingin berkunjung ke wisata hits Malang seperti Jatim Park 3, tidak perlu khawatir jika memerlukan akomodasi.

Jangan lupa selalu kenakan masker, sering cuci tangan, dan jaga jarak yah untuk kepentingan dan kesehatan bersama! (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close