Bagaimana Sih Membuat CV Yang Menarik Perusahaan?

KARIR, malangpost.id – Apakah Anda lulusan baru dan sedang mencari pekerjaan? Atau Anda karyawan yang sedang mencari pekerjaan baru?

Jika ya, untuk melamar pekerjaan, pastinya Anda memerlukan Curriculum Vitae (CV) untuk melengkapi surat lamaran kerja.

Bagi perusahaan yang mencari calon karyawan, CV memberikan kemudahaan untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan pelamar kerja. CV yang menarik tentu akan menjadi prioritas pihak HRD perusahaan.

Kalau Anda masih bingung bagaimana membuat CV atau ingin membuat CV yang lebih menarik dan berkualitas, simak ulasan bagaimana cara membuat CV yang menarik untuk dibaca dan memikat hati HRD berikut ini.

Ketahui dan pahami isi CV

Dalam menyusun CV, buatlah CV yang tidak membuat bingung pembaca CV Anda, dalam hal ini HRD. Anda perlu tahu apa saja yang perlu dicantumkan dalam CV. Umumnya, sebuah CV harus bisa memberikan informasi mengenai diri Anda, seperti:

  • Identitas diri Anda (nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email)
  • Pendidikan yang pernah ditempuh (pendidikan terakhir, jurusan, dan IPK)
  • Informasi tentang diri Anda (gambaran singkat mengenai karakter diri Anda)
  • Keahlian dan keterampilan (keterampilan yang Anda miliki, contohnya kemampuan bahasa dan lainnya)
  • Pengalaman kerja (apa saja pekerjaan Anda sebelumnya, penghargaan yang pernah Anda dapatkan, atau proyek apa saja yang pernah Anda selesaikan)
  • Pelatihan yang pernah diikuti (pelatihan yang Anda pernah ikuti 2-3 tahun terakhir)
  • Informasi lain tentang diri Anda, misalkan hobi, referensi, atau hal lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar

CV yang singkat dan jelas akan lebih nyaman dibaca, jadi tuliskanlah dengan tidak bertele-tele.

Desain CV yang sederhana namun tetap menarik

Banyak pihak HRD perusahaan melirik CV pelamar kerja dengan desain yang simpel namun memuat informasi penting secara lengkap. Anda bisa memilih jenis font yang modern dan perhatikan pemakaian italic, bold, dan capslock.

Pilihlah template khusus CV yang bisa Anda dapatkan secara gratis melalui berbagai macam aplikasi. Tetap utamakan desain yang eye catching dan mudah dipahami.

Cantumkan pengalaman kerja secara detail

Saat Anda membuat CV, tulislah pengalaman kerja Anda secara detail. Anda bisa menuliskan tanggung jawab pekerjaan, kompleksitas pekerjaan, dan hasil atau pencapaian yang pernah Anda dapatkan di perusahaan tersebut.

Dengan informasi lengkap mengenai pengalaman kerja sebelumnya, HRD bisa mengukur kapasitas Anda untuk pekerjaan yang Anda lamar. Semakin lengkap informasi yang dicantumkan, peluang untuk interview akan semakin besar.

Cantumkan kontak referensi

Salah satu yang perlu Anda perhatikan dalam CV adalah mencantumkan kontak referensi dari pihak ketiga. Hal ini bisa membantu memberikan informasi penting terkait kompetensi dan kemampuan terhadap pekerjaan Anda.

Satu hal yang pasti, sebelum memberikan kontak referensi, Anda sudah mendapatkan izin dari pihak yang nomornya Anda cantumkan sebagai referensi.

Tunjukan keahlian

Jika Anda memiliki kemampuan bahasa Inggris, Anda bisa mempersiapkan surat lamaran dan CV dalam bahasa tersebut. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri, terutama jika Anda melamar ke perusahaan multinasional.

Utamakan menggunakan bahasa formal dengan penggunaan tata bahasa yang tepat. Hindarilah menggunakan kata-kata sehari-hari atau slang. Jika Anda memiliki keahlian bahasa atau keahlian lain, pastikan Anda mencantumkan dalam CV.

Tambahkan informasi media sosial

Belakangan, pihak HRD juga banyak melirik CV yang menyisipkan informasi akun media sosial pelamar kerja seperti Instagram, Facebook, atau LinkedIn.

Dari akun media sosial ini, HRD bisa melihat profil dan pribadi Anda lebih jauh. Postingan mengenai hal yang tidak sopan, melanggar hukum, ataupun berbau SARA akan membuat kesan Anda menjadi buruk. Jadi, pastikan Anda menggunakan media sosial dengan bijak, yah!

Tambahkan informasi soft skill yang Anda miliki

Selain kemampuan hard skill yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan, Anda juga perlu menambahkan informasi soft skill yang Anda miliki. Hal ini agar pihak HRD bisa mengetahui kepribadian dan bagaimana Anda berinteraksi dengan lingkungan sekitar, seperti kemampuan berkomunikasi, bekerja dalam tim, ataupun menghadapi tekanan.

Tapi ingat, cantumkan soft skill secara selektif dan yang relevan dengan pekerjaan yah.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam membuat CV yang menarik agar HRD melirik CV Anda. Sambil menunggu panggilan kerja, Anda masih bisa mendapatkan penghasilan dengan mencoba beberapa ide penghasilan tambahan. Selamat mencoba, dan semoga Anda mendapatkan pekerjaan impian Anda! (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close