Tips Kunci Sukses UMKM Bertahan di Masa Pandemi Ini

UMKM harus bertahan

TIPS, malangpost.id – Dalam UMKM jatuh bangun sudah menjadi hal yang biasa. Akan lebih baik jika mencari referensi tentang bisnis yang bisa bertahan di segala kondisi. Jadi, pastinya dalam hal pendapatan UMKM turun, sehingga disini akan diulas bagaimana cara atau tips dalam mempertahankan UMKM agar tetap sukses di masa pandemi ini, diantaranya:

1. Melakukan Analisis SWOT

Analisis SWOT kepanjangan dari strength, weakness, opportunity, and threat. Hal tersebut perlu dilakukan agar UMKM bisa melakukan investaris terkait 4 hal tersebut. sumber peluang dan kekuatan di setiap UMKM perlu dianalisis.

2. Adanya Inovasi Promosi

Perlu melakukan inovasi dalam setiap usaha. Inovasi tidak sebatas pada produk saja tetapi juga yang berkaitan dengan promosi dan pemasaran. Jadi dengan teknologi yang canggih, UMKM cukup terbantu dengan adanya perkembangan tersebut.

3. Coba Gabung ke Komunitas UMKM atau Wirausaha

UMKM dianggap bisa bertahan di era pandemi ini. Sehingga hal tersebut mendorong UMKM untuk terus berinovasi dan berkolaborasi. Salah satunya adalah dengan ikut komunitas wirausaha maupun komunitas yang lainnya.

4. Buatlah Jurnal Online

Maksudnya adalah dengan anda membuat jurnal online untuk UMKM anda, maka anda bisa melakukan penagihan dan pembayaran dengan cara yang mudah. Dalam artian anda tidak harus bertatap muka dan bisa dilihat secara teratur lewat email maupun Whatsapp.

5. Melakukan Perencanaan Anggaran

Pelaku UMKM baik sebelum maupun sesudah pandemi diharuskan mengatur anggaran sebaik mungkin dan matang. Dengan manajemen yang baik, maka anda tidak akan mengalami rugi dan masih mendapatkan untung.

6. Melakukan Monitoring Usaha

Maksudnya adalah anda bisa memonitoring usaha yang dirintis dengan bantuan internet maupun smartphone. Anda tak perlu ke toko apalagi jika toko anda banyak. Cukup dipantau dan dimonitoring. Tidak hanya untuk monitoring saja, hal yang lain juga bisa dilakukan secara online.

7. Cek Terus Persediaan Barang

Cek persediaan barang dilakukan secara berkala dan pastinya menggunakan jurnal online. Dengan memanfaatkan hal tersebut, pelaku usaha bisa mudah mengecek kesediaan barang dan pastinya tidak membuang waktu untuk dihitung secara manual.

8. Melakukan Inovasi Produk

Jadi pastinya produk anda ada pesaingnya, sehingga lakukanlah inovasi dan kalau bisa sekreatif mungkin agar produk yang dihasilkan menjadi unik. Selain itu juga mempunyai daya jual tinggi. Inovasi produk bisa mulai dari bentuk, kemasan, dan lain sebagainya.

9. Tetap Pertahankan Kualitas Produk yang Anda Punya

Ini yang kadang dilupakan oleh pebisnis saat banyak orderan yang membuming. Atau kalau tidak begitu lupa akan memberikan kualitas baik itu yang seperti apa. Jangan karena mereknya bagus desainnya bagus tapi isinya tidak ada. Jangan.

10. Sekali-kali Beri Promosi atau Harga Khusus untuk Pelanggan

Nah, ini yang dicari-cari oleh pelanggan maupun konsumen. Hal ini memicu konsumen untuk selalu update dan berlangganan dengan produk anda. Semakin banyak yang ikut, maka keuntungan juga bertambah walaupun ada diskon dan lain sebagainya.

Nah, itulah penjelasan seputar tips sukses agar UMKM bisa bertahan di masa pandemi ini. semoga bermanfaat dan pastinya bisa dicoba untuk pengelolaan bisnis yang lebih baik lagi. Apakah anda salah satu pelopor dari UMKM?. Semoga beruntung yah!.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close