Selain Ruang Guru, Ini 5 Perusahaan Pendidikan Berbasis Digital!

TEKNOLOGI, malangpost.id – Pendidikan di Indonesia kini mulai bertransformasi ke arah global. Hal ini ditunjang dengan adanya penerapan teknologi digital. Salah satunya dengan adanya platform atau perusahaan pendidikan berbasis digital. 

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan Ruang Guru. Perusahaan pendidikan yang merayakan ulang tahun ke-6 pada Bulan Juli lalu ini siap menjadi unicorn. Dijuluki sebagai bimbel nomor satu di Indonesia, Ruang Guru berperan besar membantu para pelajar dalam berkembang di sekolah. 

Selain Ruang Guru, startup pendidikan lain juga tak kalah berperan. Nah, apa saja perusahaan pendidikan berbasis digital yang berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia? 

1. Zenius 

platform edukasi Zenius
Zeniud Education.

Startup pendidikan berbasis teknologi Zenius menargetkaan peningkatan kualitas pendidikan jenjang SD, SMP, dan SMA. Tidak hanya menyajikan materi pembelajaran saja, Zenius juga terut serta membangun mindset para pelajar, baik melalui artikel Zenius maupun dalam video pembelajaran secara langsung. 

Adapun fitu menarik Zenius seperti aplikasi Zenius, zenius.net, Zenius Prestasi, dan Zenius Center menjadi produk unggulan Zenius. Dengan fitu-fitur tersebut, para pelajar dapat menikmati akses pembelajaran dengan jelas. 

Selain itu, bagi Anda para pelajar SMA, Anda bisa mengikuti program pembinaan masuk perguruan tinggi. Alumni Zenius sudah terbukti lolos PTN dengan tekun mengikuti strategi masuk PTN ala Zenius. 

Sejak akhir 2019 lalu, Zenius pun sudah memberikan akses gratis. Tanpa berlangganan, pelajar saat itu mampu mengakses video dan soal-soal yang membantu mereka dalam belajar. 

2. Quipper 

perusahaan pendidikan berbasis digital Quipper
platform pendidikan Quipper.

Tak kalah menarik, perusahaan pendidikan berbasis digital yang satu ini cukup popular di kalangan pelajar. Terkenal dengan SUPER (Solusi Quipper) memudahkan para pelajar dalam memahami setiap materi pembelajaran. 

Sejak pendiriannya pada tahun 2010, saat ini Quipper sudah bertransformasi di 4 negara, yaitu Indonesia, Jepang, Filipina, dan Meksiko. Menariknya lagi, fitur Learning Manajement System dan materi pembelajaran dibuka secara gratis bagi pengguna baru. 

Adapun fitur yang dapat Anda nikmati di antaranya adalah Quipper Video, Quipper School, Quipper Video Master Class, dan Quipper Campus. Saat ini sudah lebih dari 5 juta siswa yang bergabung dengan Quipper.  

3. IndonesiaX 

Namanya Indonesia banget, platform IndonesiaX adalah perusahaan pendidikan berbasis digital yang menawarkan kursus online dari institusi, universitas, dan pakar pendidikan. Tujuannya tentu untuk mendukung tujuan nasional, yakni mencerdaskan hehidupan bangsa. 

Platform ini menggunakan basis MOOC yang menjadikan IndonesiaX membuka kursus online dengan peserta tidak terbatas. Artinya, siapa pun yang mendaftar akun tentu dapat menggunakan platform kursus online tersebut. 

Berbeda dengan tiga platform online sebelumnya, IndonesiaX menyelenggarakan pelatihan untuk tingkat universitas, masyarakat luas, dan para profesional. Kategori kursus onlinenya pun cukup lengkap. Misalnya tentang ekonomi, ilmu komputer, kesehatan, pertanian, dan sebagainya. 

4. Arkademy 

Selain fokus pada ilmu pengetahuan dan pendidikan, di Indonesia juga terdapat platform yang bertujuan untuk pelatihan menuju dunia kerja. Visi ini diwujudkan melalui platform bernama Arkademy. Mereka yang mengikuti pelatihan ini disiapkan dengan skill-skill berguna agar dapat bersaing di dunia kerja. 

Salah satu program Arkademy yang terkenal adalah bootcamp. Pada program ini, calon peserta akan melakukan seleksi berkas, wawancara, dan on boarding. Dalam program ini Anda akan mendapatkan keuntungan seperti pelatihan dari tenaga ahli, mentoring, dan bertemu teman-teman hebat. 

Sekadar informasi, program bootcamp ini dikhususkan bagi anak SMA dan SMK yang hendak melanjutkan ke dunia kerja. Mereka yang secara pengalaman belum banyak memiliki ketrampilan melalui pendidikan sekolah, pada bootcamp tersebut mereka mampu bersaing dengan calon pekerja lainnya. 

5. HarukaEdu 

harukaedu perusahaan pendidikan berbasis digital

Platform HarukaEdu lebih berfokus pada penyelenggaraan pendidikan online. Platform ini ditujukan bagi universitas, perusahaan, dan karyawan. Tujuannya untuk meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang lebih berkualitas melalui pendidikan. 

HarukaEdu dilengkapi dengan layanan menarik yang mendukung terselenggaranya pelatihan online ini. Tiga layanan terbaiknya yaitu UniEdu bagi perguruan tinggi, baik universitas, institut, sekolah tinggi, maupun jenjang pendidikan tinggi lainnya. 

Selain itu, terdapat layanan CorporateEdu yang ditujukan bagi perusahaan besar dan perusahaan rintisan. Ada juga Pintaria yang bisa diakses oleh individu tanpa tergantung institusi atau perusahaan tertentu. 

Nah, selain Ruang Guru sebagai bimbel online nomor satu di Indonesia, perusahaan pendidikan berbasis digital mana yang sudah familiar di telinga Anda? Lalu, kualifikasi platform mana yang ingin Anda ikuti? Mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, perguruan tinggi, dan profesional tersedia dalam sejumlah platform tersebut. 

Sebagai masyarakat Indonesia, sudah semestinya kita bangsa menjadi generasi pembelajar. Dengan dukungan platform-platform tersebut, Anda berhak untuk mengembangkan potensi dan kemampuan agar dapat bersaing dengan tenaga kerja lainnya. 

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Ira

About the Author: Ira Gusmiarti

Content writer yang menyukai belajar hal baru. Saat ini mulai membagikan insight menarik melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close