Era New Normal Memaksa Kita Kerja Keras dalam Mengembangkan Bisnis

TIPS, malangpost.id- Dunia seakan dibalik, efek yang ditimbulkan dari adanya pandemi ini nyatanya sangat mempengaruhi kehidupan. Manusia seakan tidak siap dengan kenyataan yang ada. Virus yang menyebar mulai akhir tahun 2019 itu masih menghantui kita semua. Bisa dibilang bahwa kita sedang memasuki babak baru yang sering kita sebut new normal. Semua sektor terdampak dalam keadaan ini, tidak terkecuali sektor bisnis.

Pandemi menjadi momok bagi sektor bisnis, bagaimana tidak, dari adanya pandemi ini mengakibatkan berhentinya produksi dan distribusi bisnis. Ini jelas menjadi pukulan telak bagi para pebisnis. Mereka semua tidak siap dengan situasi yang menghampirinya.

Banyak sekali perusahaan mulai dari UMKM hingga yang bertaraf internasional mengalami kebangkrutan dan mungkin tidak dapat beroperasi kembali. Ini jelas menandakan besarnya dampak dari adanya pandemi.

Kondisi ini memaksa kita untuk beradaptasi dan berkembang. New normal mengharuskan kita untuk menemukan solusi baru atas keadaan ini. Data menjadi satu elemen terpenting bagi para pelaku bisnis yang ingin bertahan dari kondisi ini. Data diperlukan untuk pebisnis dalam menciptakan solusi yang tepat. Dengan data yang ada, kita dapat mengolah informasi yang diperlukan untuk kemajuan bisnis kita.

Terlebih sekarang kita berada di era industri 4.0 yang mengharuskan kita untuk melakukan optimasi pada segi teknologi. Teknologi analisa data dan teknik digunakan di industri komersial yang memudahkan perusahaan mendapatkan hasil akhir yang lebih baik dan akurat.

Penggunaan dari analisa pun beragam. Mulai dari mengembangkan bisnis, mendiagnosa suatu masalah hingga untuk optimasi website. Selain itu analisa data dapat digunakan untuk memeriksa sejumlah besar data untuk mengungkap pola tersembunyi, korelasi dan wawasan lainnya.

Analisis Pemasaran

Analisis Pemasaran (Marketing Analytics) yang merupakan upaya mengukur dan menganalisis kinerja pemasaran untuk mengelola dan memaksimalkan efektivitas kinerja hingga mengoptimalkan laba atas investasi (ROI). Pemanfaatan analisis pada aktivitas pemasaran ini dapat mendukung proses pembuatan keputusan yang lebih baik di berbagai kanal.

Analisis Kesehatan

Penerapan data analisis dalam perawatan kesehatan memiliki dan membuahkan hal hal yang positif bagi dunia kesehatan. Data mengacu pada informasi yang berjumlah besar yang dianalisis oleh teknologi tertentu dan diterapkan pada bidang kesehatan. Ia akan menggunakan data kesehatan tertentu dari suatu populasi dan berpotensi membantu mencegah epidemi dan menyembuhkan penyakit.

Analisis Web

Analisis Web (Web Analytic). Ini merupakan proses mengukur dan menganalisis statistik traffic atau lalu lintas pada sebuah website. Dengan web analytics, kita akan tahu berapa lama pengunjung menelusuri website milik kita, siapa mereka dan dari mana mereka berasal. Kita juga dapat mengetahui clickstream, keyword yang digunakan, dan bagaimana mereka bisa mengetahui website kita.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close