Inilah Penyebab Kelelahan Sebelum Menstruasi dan 7 Cara Mengatasinya!

TIPS DAN TRIK, malangpost.id – Sebelum menstruasi, biasanya perempuan mengalami sindrom pramenstruasi atau yang sering disebut PMS. Selain perubahan suasana hati, sakit kepala, dan nyeri payudara, wanita juga biasanya mengalami kelelahan sebelum menstruasi. 

Rasa lelah ini bisa sangat menyusahkan, apalagi ketika aktivitas sangat banyak. Karena faktor inilah wanita biasanya mudah marah dan agresif. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa sangat mengganggu aktivitas hingga aktivitas tersebut terbengkalai.  

Kenali Penyebab Kelelahan Sebelum Menstruasi 

Penyebab kelelahan sebelum menstruasi berkaitan dengan kurangnya hormon serotonin. Horomon yang seharusnya mengatur suasana hati atau mood ini menurun. Alhasil, kinerjanya tidak optimal dan mengakibatkan penurunan tingkat energi tubuh. 

Selain itu, penyebab lain adalah karena kurang tidur. Kurang tidur jelas membuat seseorang merasa cepat lelah dan bisa lesu sepanjang hari. Nah sebenarnya faktor ini alami dan wajar dialami wanita sebelum menstruasi. 

Cara Mengatasi Kelelahan Sebelum Menstruasi 

Meskipun kondisi kelelahan sebelum menstruasi merupakan hal yang wajar, jika tidak diatasi bisa mengganggu aktivitas Anda. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui cara mengatasi kelelahan sebelum menstruasi. 

1. Makan makanan bergizi 

atasi kelelahan sebelum menstruasi dengan mengonsumsi makanan bergizi
Saat lelah, penuhi energi dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Makanan menjadi asupan paling penting yang diterima tubuh. Saat PMS, sebaiknya Anda lebih memperhatikan pola makan. Mulai dengan menjaga pola makan yang teratur sampai memperhatikan setiap jenis asupan yang masuk ke tubuh. 

Saat PMS ini sebaiknya Anda banyak mengonsumsi buah, sayuran, dan biji-bijan agar memberikan energi yang cukup bagi tubuh. Adapun jenis makanan yang cocok adalah makanan bervitamin B, zat besi, kalium, mangan, dan antioksidan lainnya. Jenis kandungan tersebut bisa Anda temui pada buah pisang, nasi merah, ikan, apel, ubi jalar, yougurt, dan sebagainya. 

2. Perbanyak Minum Air Putih 

Selain butuh nutrisi dari makanan, tubuh juga membutuhkan air putih yang cukup. Seperti yang sudah biasa kita dengar, sehari minimal kita harus mengonsumsi 8 gelas air mineral. Nah, saat kelelahan sebelum menstruasi pun sangat dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih. 

Tujuannya agar tubuh terhindar dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Jika kondisi tubuh dehidrasi, Anda cenderung mudah lelah dan mengantuk. Nah hal ini dapat semakin memperburuk gejala PMS.  

3. Olahraga Rutin 

Poin ini yang membuat hati kaum rebahan terketuk. Pada tulisan mana pun menyebutkan bahwa olahraga rutin sangat baik bagi tubuh. Selain menjaga kesehatan fisik, olahraga bisa meningkatkan ketahanan tubuh. 

Melansir dari Journal of Obstetrics and Gynecology bahwa olahraga dapat mengatasi kelelahan fisik dan mental. Selain itu, menurut studi tersebut olahraga bisa meningkatkan konsentrasi, dan dapat mengurangi sebagian gejala PMS lainnya. 

4. Teknik Relaksasi Bisa Membantu 

Kelelahan berakibat pada menurunnya energi tubuh. Nah otomatis Anda harus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan energi tubuh. Teknik relaksasi dirasa menjadi jawaban yang tepat untuk mengimplementasikan ini. 

Contohnya seperti latihan yoga dan meditasi. Kedua aktivitas ini sudah terbukti meringankan gejala PMS. Nah bagi Anda yang ingin merasakan dampaknya, Anda dapat mencoba kedua teknik tersebut. 

5. Istirahat yang Cukup 

Sering kali seseorang yang sedang banyak masalah memilih untuk tidur. Bukan untuk menghindari masalah, tetapi lebih bertujuan agar menenangkan pikiran demi mencari solusi yang lebih jernih. Tidur juga bisa membuat diri lupa akan masalah yang dialami sebelumnya. 

Selain dampak tersebut, tidur yang nyenyak membantu Anda mengatasi kelelahan sebelum menstruasi. Biasanya tubuh yang cepat lelah cenderung ingin diobati dengan tidur yang lebih banyak. Oleh karena itu, tak heran jika PMS membuat wanita tidur lebih lama. 

6. Atur Jadwal Tidur yang Teratur 

Selain memiliki jumlah jam tidur yang cukup, untuk mengatasi kelelahan sebelum menstruasi Anda bisa membiasakan jam tidur yang teratur. Misalnya rutinlah untuk tidur mulai pukul 21.00-03.00 setiap harinya. 

Dengan jadwal tidur rutin tersebut Anda dapat lebih tenang dan rasa lelah sudah berkurang. Adapun dengan jam tidur teratur, suasana hati juga cenderung stabil sehingga Anda mudah berkomunikasi dengan orang lain tanpa tersinggung. 

7. Menjaga Kamar Tidur agar Tetap Nyaman 

Kamar tidur merupakan salah satu aset paling penting bagi wanita. Hampir setiap kali ia menangis atau bahagia, kamar tidurlah yang menjadi tempat perlarian pertama. Merebahkan diri di kasur sudah menjadi satu pasangan yang komplit untuk mengatasi rasa lelah. 

Oleh karena itu, konsekuensinya Anda harus rajin membersihkan kamar tidur agar tetap nyaman. Kenyamanan ini bisa membantu Anda memperbaiki suasana hati. Selain itu, kamar tidur yang sejuk membuat fisik pemiliknya lebih tenang. 

Tips mengatasi kelelahan sebelum menstruasi yang mana yang sudah Anda terapkan? Memiliki tips lain, coba berkomentar di bawah, yuk! 

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Ira

About the Author: Ira Gusmiarti

Content writer yang menyukai belajar hal baru. Saat ini mulai membagikan insight menarik melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close