Sering Heboh! Ini Fakta Unik Trending Topic di Twitter

TEKNOLOGI, malangpost.id – Media sosial sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Melalui media sosial, informasi hangat dari berbagai penjuru dunia cepat tersebar. Salah satu informasi yang cepat tersebar dan yang sering muncul adalah trending topic di Twitter. 

Hampir setiap trending di media sosial lain awal mulanya dari Twitter. Pengguna Twitter pun memiliki latar belakang yang beragam. Karena itu, topik pembicaraan yang diangkat juga sangat banyak. 

Nah sebenarnya algoritma apa yang dipakai oleh Twitter sampai mendatangkan jumlah pengguna yang besar? Salah satu fitur unggulannya adalah trending topic. Tak banyak orang tahu, berikut ini fakta trending topic di Twitter yang sering menghebohkan. 

Trending Topic di Twitter Ditentukan Sesuai Algoritma 

Setiap media sosial memiliki algoritma masing-masing. Algoritma inilah yang diterapkan kepada seluruh pengguna suatu media sosial. Nah menurut keterangan resmi dari pihak Twitter, media sosial ini menentukan trending berdasarkan algoritma. 

Artinya, secara otomatis, trending topic di Twitter disesuaikan dengan pengguna. Apa yang muncul didasarkan pada akun-akun yang mereka ikuti, minat, hobi, dan lokasi. Namun, hal ini tidak mutlak karena pengguna bisa mengatur minat dan lokasinya sendiri. 

Dengan cara ini, pengguna bisa menemukan tren berdasarkan lokasi tertentu yang dipilihnya. Alhasil, untuk menemukan apa yang sedang viral di daerah lain. 

Benarkah Tren Sama dengan Tagar? 

Saat mengamati Twitter, Anda pasti pernah mendapati tagar yang menjadi trending topic. Namun, benarkah setiap trending tersebut terbentuk dari tagar? Ternyata kedua hal itu tidaklah sama. Tagar merupakan bagian dari tren. 

Namun, yang menentukan tren ini bisa karena kata dan frasa. Misalnya saja, algoritma Twitter sering mengelompokkan tagar-tagar sejenis. Oleh karenanya, ketika satu topik tren, biasanya frasa yang berkaitan akan ikut naik. 

Trending Topic di Twitter Ditentukan oleh Jumlah Tweet? 

Pernah mendengar bahwa sesuatu yang menjadi trending pasti sudah menuai ribuan tweet di belakang topik tersebut. Benarkah algoritma trending topic ini ditentukan oleh jumlah tweet paling banyak dalam suatu waktu? 

Tak dapat dimungkiri, Anda pasti berpikir demikian. Secara logika, topik dengan jumlah tweet terbanyak cenderung naik lebih cepat. Namun bukan itu jawabannya. Trending topic merupakan topik yang dibicarakan pada waktu itu. 

Tak selamanya trending membutuhkan jumlah tweet yang banyak. Namun, fungsi dari fitur popular di Twitter ini lebih kepada membantu Anda agar lebih mudah menemukan topik yang sedang hangat dibicarakan saat itu. 

Berpartisipasi dari Sekarang 

Hayo siapa yang suka mengikuti trending? Biasanya saat suatu topik sedang hangat dibicarakan, para netizen lain ikut mengetweet tentang topik tersebut. Ibaratnya Anda tidak mau ketinggalan dalam menanggapi topik yang sedang trending. 

Nah untuk berpartisipasi dalam trending topic ini sangat mudah. Anda hanya tinggal menyertakan kata atau frasa yang sama sesuai trending pada saat itu. Dengan begitu, cuitan Anda sudah pasti masuk dalam lingkaran trending. 

Namun, sebenarnya Twitter memiliki kebijakan penyaringan tweet lho! Kalau ternyata tweet Anda tidak lolos, berarti ada kebijakan Twitter yang sudah Anda langgar. Cobalah gunakan kata-kata yang lebih sopan karena seluruhnya terpantau oleh Twitter. 

Ini Cara Melihat Tweet yang Trending 

Saat memasuki menu trending topic di Twitter, di sana Anda bisa menelusuri seluruh tweet yang membicarakan topik tersebut. Anda bisa mulai menyortirnya dari tweet paling popular, tweet terbaru, dan sebagainya. 

Semua tweet yang telah lulus sensor dari Twitter akan diterbitkan di sana. Jika Anda baru saja mengetweet, periksalah tweet tersebut pada bagian “latest” biasanya akan muncul tweet terbaru. 

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pencarian secara langsung. Gunakan kata atau frasa yang berkaitan dengan trending topic tersebut. Dijamin Twitter akan memberikan hasil pencarian sesuai dengan trending topic yang Anda cari. 

Trending Topic di Twitter Biasanya Memiliki Keterangan 

Mungkin Anda pernah mendapati suatu tren yang memberikan informasi bahwa tokoh publik A juga ikut mengetweet tentang topik tersebut. Biasanya keterangan ini berdasarkan orang yang Anda ikuti. 

Tujuannya Twitter ingin memersonalisasi siapa saja yang berada dalam ruang atau konteks tersebut. Ketika Anda perhatikan kembali, tidak semua tweet menampilkan keterangan demikian. Beberapa tweet hanya menampilkan volume tweet topik tersebut. 

Nah sekarang Anda sudah tahu apa saja yang terjadi dalam trending topic di Twitter. Sebagai media sosial paling cepat trending, jika tak ingin ketinggalan berita popular, simaklah trending di Twitter. 

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Ira

About the Author: Ira Gusmiarti

Content writer yang menyukai belajar hal baru. Saat ini mulai membagikan insight menarik melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close