5 Tips Aman Menggunakan Toilet Umum Selama Pandemi

Hati-hati loh!

TIPS DAN TRIK, malangpost.id – Selama masa pandemi, toilet tetap menjadi hal yang dibutuhkan bagi masyarakat. Terlebih jika di tempat ramai, maka toilet menjadi tempat pemakaian yang dilakukan terus menerus oleh antar manusia. Tetapi kan sekarang pandemi?.

Padahal pandemi mengharuskan kita melakukan social distancing dan era new normal kan?. Bagaimana cara penggunaan toilet umum di masa pandemi ini agar terhindar dari Corona?. Yuk langsung simak saja yah tipsnya:

1. Pastinya Jaga Jarak Dong

WHO dan CDC menyebut virus ini memang menular saat jaraj antar orang berdekatan. Tentang toilet di rumah maupun umum memang perlu diperhatikan. Karena dipakai bersama. Menjaga jarak memang merupakan hal yang sulit dan kadang dilupa oleh kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Tetapi ada cara lain untuk memberikan penanda batas di dalam toilet umum secara normal seperti biasanya (sebelum Corona datang), yaitu terdapat selotip pada wastafel tengah atau menempatkan penanda lain agar orang tidak berdiri terlalu dekat dengan orang lain.

Tanpa penanda ini pun, anda harus punya inisiatif sendiri untuk jaga jarak yah.

2. Gunakan Masker Pasti!

Benda ini tidak boleh sampai tertinggal dimanapun berada. Harus dipakai selama pandemi masih ada. Anda bisa melakukan protektif kedua atau pencegahan yang lebih plus-plus, dengan mengenakan face shield (penutup wajah yang bahannya bening) sehingga akses virus ke tubuh tidak bisa.

Hal yang seharusnya dibiasakan saat ke toilet umum adalah dengan menutup toilet terlebih dahulu sebelum menekan tombol “Flush”. Salah satu riset mengatakan bahwa aktivitas penyiraman toilet bisa menimbulkan tetesan dan bisa terhirup maupun jatuh ke permukaan. Sehingga hati-hati yah!.

3. Cuci Tangan Yuk. Dibiasakan!

Selalu, selalu, selalu. Dimanapun berada anda harus cuci tangan. Penularan melalui permukaan sangat mungkin terjadi dan mencuci tangan adalah salah satunya dalam mencegah hal tersebut. Selain itu menghindari kuman yang tidak diinginkan kan?.

Di toilet biasanya ada pengering otomatis dan saran penulis gunakan tisu saja saat di toilet umum setelah mencuci tangan. Karena pengering otomatis bisa menyebarkan aerosol terkontaminasi dengan permukaan lain.

4. Yuk Menghindari Menyentuh Benda-benda di Toilet

Jika menggunakan toilet, maka hindari menyentuh benda di toilet. Gunakan secara efisien dengan hanya memegang selot kunci pintu toilet, membersihkan dulu dudukan toilet (jika model toiletnya seperti itu), tutup toilet sebelum menyiramnya, dan membuka kembali pintu toilet.

Tanpa sadar kita pasti sering menyentuh wajah padahal tangan belum tentu dalam keadaan bersih. Tahu sendiri kan?. bahwa tangan membawa bakteri maupun kuman yang banyak. Sehingga melapisi tangan adalah kunci yang bisa anda gunakan agar terhindar dari kuman.

5. Jangan Terlalu Cepat Membuang Tisu

Kenapa?. Karena kalau bisa menggunakan tisunya mulai dari awal masuk hingga keluar toilet umum. Kemudian buang tisu setelah keluar area toilet tersebut. Selain itu juga biasanya orang terbiasa dengan menggunakan ponsel saat di toilet.

Padahal, ponsel bisa menjadi magnet untuk para kuman. Sehingga saat menyentuh HP di toilet malah akan meningkatkan risiko terjadinya transfer kuman ke ponsel. Kuman yang ada di ponsel bisa menempel dengan mudah pada mulut maupun hidung sehingga menyebabkan penyakit.

Jadi itulah 5 tips aman dalam menggunakan toilet umum selama masa pandemi ini. Pastinya taatilah protokol kesehatan, social distancing, dan era new normal agar terhindar dari virus Corona. Semoga berhasil.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close