Jangan Terkecoh dengan Pertanyaan Ini Ketika Interview Kerja

KARIR, malangposti.id – Anda mendapat panggilan untuk interview kerja? Tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan. Mulai dari kelengkapan dokumen dan mempersiapkan pakaian yang sesuai. Tidak ketinggalan, persiapan dalam menghadapi pertanyaan selama wawancara.

Interview atau wawancara merupakan tahap penting dalam menentukan lolos atau tidaknya kandidat dalam rekrutmen kerja. Tahap ini kadang menjadi momok bagi kandidat yang menyebabkan grogi atau tidak percaya diri. Dan kadang tidak sedikit kandidat yang bagus tidak lolos sesi wawancara.

Dengan interview, perusahaan mencari tahu informasi tentang kemampuan dan keterampilan yang dimiliki calon karyawan. Dalam ada beberapa pertanyaan-pertanyaan yang bersifat jebakan untuk membuat Anda gugup, bingung, menangkap Anda bila bohong, atau untuk membuktikan bahwa Anda tidak siap.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui karakter dan membuktikan apakah Anda orang yang tepat untuk mengisi posisi tersebut, bagaimana motivasi Anda, dan juga sebagai tolak ukur kecerdasan dan kemampuan Anda mengontrol diri. Oleh karenanya, Anda perlu melakukan persiapan sebaik mungkin untuk proses interview.

Simak tips berikut dalam menjawab beberapa jenis pertanyaan yang perlu diwaspadai saat Anda menghadapi wawancara kerja.

Ceritakan dan gambarkan tentang diri Anda

Pertanyaan ini sangat umum dan sering diajukan saat wawancara. Di awal wawancara ini, biasanya pewawancara hanya ingin mengetahui tentang diri Anda secara umum. Jawablah pertanyaan dengan perpegang pada poin-poin utama seperti: nama, usia, pendidikan terakhir, pengalaman kerja, dan alamat.

Anda tidak perlu menceritakan hal lain secara panjang lebar yang akan membuat orang lain jenuh. Jangan lupa perhatikan gaya bahasa yang lugas dan berikan kesan yang baik, misalnya dengan memberikan senyuman. Hal ini bisa berguna untuk menarik minat lawan bicara.

Anda punya pekerjaan impian?

Sepintas, mungkin pertanyaan ini terdengar cukup biasa. Namun, pertanyaan ini seringkali diajukan dengan sengaja untuk menjaring kandidat dengan lebih cepat. Pertanyaan ini juga untuk melihat apakah Anda memiliki pikiran untuk jalur karir yang jelas atau tidak.

Hal ini juga bisa membuktikan apakah Anda mengajukan lamaran untuk pekerjaan apapun. Jika hal terakhir yang terjadi, Anda dapat merespon pertanyaan tersebut dengan memberikan jawaban yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Apa yang menjadi kelebihan dan kelemahan Anda?

Pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan dalam interview kerja yang biasanya selalu muncul. Jangan pernah ragu untuk menunjukkan kelebihan diri Anda, misalnya pekerja keras, disiplin, dan mudah bergaul. Tapi ingat yah, jangan terlihat Anda berpikir keras saat menjawab pertanyaan ini.

Nah, perhatikan dan hati-hati dalam memberikan jawaban kelemahan Anda. Hindari jawaban kalau Anda seorang pemarah atau susah mengendalikan emosi. Hal ini akan membuat perusahaan berpikir ulang untuk merekrut Anda.

Anda bisa menjawab kekurangan Anda dengan sedikit berbeda. Misalnya, Anda seorang perfeksionis sehingga kadang membutuhkan waktu agak lama untuk menyelesaikan pekerjaan.

Prestasi dan kegagalan yang pernah Anda raih

Pertanyaan ini kerap diajukan untuk mengetahui tentang persiapan Anda dalam sesi interview kerja, apa yang telah Anda pelajari, dan kontribusi yang telah di berikan di perusahaan sebelumnya.

Anda tidak memerlukan prestasi sangat besar untuk menjawab pertanyaan ini. Misalkan, tunjukkan Anda selalu menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu.

Perlu diingat, Anda tidak harus menceritakan semua prestasi yang Anda raih. Pilih hal-hal yang berhubungan dengan posisi yang sedang Anda lamar.

Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?

Pertanyaan ini muncul untuk mengetahui seberapa jauh yang Anda tahu dan peduli tentang perusahaan yang sedang Anda lamar. Sebelum interview kerja, Anda bisa melakukan riset untuk mempelajari seluk beluk perusahaan, seperti misi perusahaan, bidang usaha, dan produk atau jasa yang dijual. Hindarilah untuk membandingkan dengan perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya.

Itulah tadi beberapa pertanyaan saat interview kerja yang harus diwaspadai. Jika perlu, Anda bisa berlatih melakukan tanya jawab dengan diri sendiri sebelumnya.

Usahakan menjawab pertanyaan dengan penuh percaya diri dan sealami mungkin. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda saat menghadapi interview kerja, serta mendapatkan pekerjaan yang terbaik. (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close