Kue Putu Mayang Khas Betawi. Buat Sendiri Saja Yuk!

Ada yang baru nih di kuliner kita.

KULINER, malangpost.id – Jajanan tradisional masih disukai oleh banyak masyarakat. Salah satunya jajanan tradisional khas dari Betawi yang mana mulai langka ditemukan sekarang tetapi mempunyai rasa yang legit. Untuk anda yang belum mencoba dan penasaran akan rasanya.

Anda bisa mencoba dengan membuatnya sendiri. Siapa tahu cocok dan ketagihan. Bisa-bisa sampai jual sendiri maupun buka usaha sendiri tentang jajanan ini bisa kan?. Untuk resepnya, langsung simak saja yuk!.

Bahan-bahan:

Berikut adalah bahan-bahan yang perlu anda persiapkan:

300 gr tepung beras

4 sdm gula putih

1,5 sdt garam

600 ml santan dari satu butir kelapa

150 gr tepung sagu

2 sdm minyak untuk mengoles daun pisang

pewarna merah secukupnya

pewarna hijau secukupnya

Bahan Saus:

250 gr gula merah, disisir halus

2,5 sdm gula pasir

600 ml santan dari 1 butir kelapa

1,5 lembar daun pandan

6 buah nangka, potong kecil-kecil

(masak semua bahan sampai mendidih)

Cara Membuat:

1. Campurlah tepung beras, gula, garam, dan santan (aduk rata). Masak di atas api kecil sekaligus diaduk sampai menggumpal. Angkat dan tambahkan tepung sagu kemudian uleni hingga tercampur secara rata.

2. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Satu wadah diberi pewarna merah, satu wadah diberi pewarna hijau, dan satu wadah lainnya dibiarkan putih. Tutup adonan agar tidak menjadi kering.

3. Masukkan adonan secukupnya ke dalam cetakan putu mayang. Tekan sambil ditampung di atas daun pisang yang mana sudah diolesi minyak. Kukus selama 20 menit sejak air mendidih. Angkat dan sajikan bersama sausnya.

Tips Cara Membuat Jajanan Tradisional Putu Mayang yang Bagus

Berikut ini akan diberikan tips tentang bagaimana cara membuat jajanan tradisional putu mayang khas Betawi secara mudah, diantaranya:

1. Siapkan Alat dan Bahan Otomatis

Dalam membuat kue maupun jajanan dan masakan lainnya pasti membutuhkan alat dan bahan. Hal ini pertama yang perlu dipersiapkan dan harus ada sebelum mulai eksperimen. Bahan yang digunakan dalam membuat jajanan ini cukup mudah ditemukan. Jadi jangan khawatir.

Untuk membuat jajanan ini, anda harus menyiapkan beberapa bahan. Tidak perlu khawatir karena bahan-bahan ini mudah ditemukan di pasaran atau mini market. Siapkan 300 gram tepung beras, 3,5 sdm gula putih, 1,5 sdt garam, 600 ml santan, 150 gr tepung sagu, 1,5 sdm minyak, dan pewarna merah maupun hijau secukupnya.

2. Siapkan Saus untuk Jajanan Ini

Jangan salah, ternyata jajanan ini juga ada sausnya. Hanya saja bukan dari sambal tetapi dengan bahan-bahan yang legit maupun manis, seperti gula merah, gula pasir, santan, kelapa, daun pandan, dan buah nangka. Jadi pilihlah bahan yang masih fresh yah!. Itu tipsnya.

Untuk menghasilkan jajanan yang enak, maka anda perlu membersihkan daun pandan terlebih dahulu sebelum diolah agar higinies. Ambil buah nangka dan potong kecil agar bisa pas saat disantap. Jangan lupa menyisir gula merah sampai halus. Larutkan setengah sdm tepung maizena dengan air.

3. Cara Cetak Adonan yang Bagus

Setelah adonan dibagi menjadi tiga bagian, maka cetak adonan dengan cetajan kue putu agar hasilnya bagus dan konsisten. Jangan lupa meletakkan daun pisang yang mana sebelumnya diberi olesan minyak goreng.

Dengan cetakan yang bagus, maka anda bisa menyajikannya untuk keluarga lainnya juga. Cover itu perlu karena walaupun hasilnya enak. Belum tentu menarik orang untuk mencicipi maupun memakannya jika bentuknya saja tidak sesuai dengan jajanan putu mayang.

Itulah resep kue Putu Mayang khas Betawi semoga berhasil.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close