Merasa Bersalah Setelah Makan Besar? Detoks Tubuh dengan Cara Ini!

KESEHATAN, malangpost.id – Detoks Tubuh Menikmati hidangan ketika makan besar tidak dapat dicegah. Bagaimana tidak, saat kondisi ini kita “terpikat” dengan hidangan makanan yang disajikan dalam jumlah besar. Baik dari segi ukuran maupun jenisnya, makanan ini menggugah selera. 

Pada saat itu kita cenderung untuk melepaskan beban dan langsung memakannya begitu saja. Namun, setelah dipikir-pikir dengan logika, ternyata belum tentu seluruh makanan tersebut sehat. Bisa saja makanan pesta itu hanya mengutamakan porsi yang besar saja. Dengan kata lain, kandungan gizinya belum tentu sesuai. 

Apalagi jika Anda sangat rentan makan makanan jenis tertentu yang membuat Anda alergi. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, terdapat serangkaian cara untuk mendetoks tubuh. Detoks tubuh ini berfungsi untuk menetralisasi racun yang barangkali terdapat pada makanan yang Anda makan saat acara makan besar. 

1. Berpuasa 

Salah satu cara terbaik untuk detoks tubuh adalah dengan berpuasa. Selain merupakan perintah agama, puasa berfungsi sebagai penetralisir tubuh dari racun berbahaya loh! Hal ini karena puasa memberikan kesempatan organ pencernaan untuk beristirahat sejenak.  

Nah selama jam puasa ini, tubuh akan mengatur ulang fungsinya, seperti menyegarkan dan memulihkan tubuh. Selain itu juga, saat berpuasa tubuh beristirahat baik secara emosional maupun mental. 

2. Untuk Detoks Tubuh, Konsumsilah Air Putih secara Teratur 

Air putih menjadi asupan utama untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Tanpa minum banyak air sehari, kamu akan cenderung lesu. Meskipun terdapat kandungan lemak dalam tubuh, air putih ini sangat penting. 

Dengan mengonsumsi air putih secara rutin dan kadarnya cukup, hal ini dapat membantu menghilangkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Secara spesifiknya, air putih membersihkan sistem pencernaan sehingga dampak buruk dari sisa-sisa makanan akan dibersihkan dengan air putih ini. 

3. Mengonsumsi Air Hangat Plus Perasan Lemon 

Kali ini cocok bagi Anda yang sering minum hangat. Selain air putih biasa, untuk mendetoks tubuh Anda bisa mencampurkan perasan lemon dalam air hangat. Sebaiknya hal ini dilakukan ketika pagi hari, tepatnya setelah Anda bangun tidur. 

Tujuannya karena pemberian lemon dan air hangat dapat memberikan hidrasi pada tubuh. Apalagi setelah tidur lama, Anda butuh asupan kembali. Manfaat lainnya yaitu dapat melancarkan pencernaan dan menyeimbangkan tingkat keasaman tubuh. 

4. Konsumsi Air Kelapa untuk Detoks Tubuh

Masih berhubungan dengan cairan, kali ini Anda bisa memanfaatkan air dari buah kelapa. Semenjak dulu, air kelapa terkenal sebagai minuman yang mampu membersihkan racun secara alami. Tak jarang khalayak banyak mengonsumsi air kelapa meskipun tidak habis makan besar. 

Mengonsumai air kelapa selain untuk detoks tubuh juga bisa membersihkan sisa makanan dalam tubuh. Tentunya fungsi ini juga diiringi dengan fungsi untuk menyembuhkan pencernaan akibat racun dari luar tubuh, seperti makanan. 

5. Mengonsumsi Sayuran dan Buah-buahan 

Siapa yang tidak tahu bahwa sayur dan buah mengandung gizi yang sangat dibutuhkan tubuh. Sering kali setelah makan kita membutuhkan buah sebagai cuci mulut. Perlakuan ini dimaksudkan agar terpenuhinya kandungan gizi bagi tubuh. 

Selain itu, sayuran sering menjadi lauk pauk makan kita sendiri. Nah dengan mengonsumsi kedua jenis makanan ini, racun dalam tubuh Anda bisa diminimalisasi. Tentu saja sayur dan buah memiliki fungsi melancarkan pencernaan. 

6. Detoks Tubuh dengan Berolahraga 

Jika sebelumnya Anda hanya disarankan untuk mengonsumsi saja, kali ini Anda mendapat saran untuk rutin berolahraga. Selan racun dapat dikeluarkan dengan bantuan makanan dan minuman, detoks tubuh ini bisa juga dikeluarkan melalui keringat. 

Menurut sebuah studi, kandungan senyawa berbahaya yang mampu dikeluarkan melalui keringat yaitu kadmium, arsenik, timbal, dan merkuri. Tentu saja manfaat ini bisa Anda dapatkan ketika berolahraga. 

7. Milikilah Tidur yang Cukup dan Berkualitas 

Tidur menjadi aktivitas yang dibutuhkan tubuh sebagai jeda waktu ketika seharian bekerja. Sistem tubuh akan kembali normal selama waktu istirahat tersebut. Nah tidur yang cukup setiap malamnya dapat membantu mengeluarkan racun lho! 

Saat tidur, organ-organ tidak bekerja keras melakukan aktivitas. Dalam hal ini, detoks bisa diminimalisasi karena perhentian kinerja organ tersebut. Selain itu, penting untuk menjaga kualitas tidur. Tujuannya agar saat Anda terbangun, tubuh dalam keadaan bugar. 

Nah serangkaian cara detoks tubuh tersebut bisa Anda terapkan. Ketika ini terjadi karena rasa bersalah Anda saat makan besar, semoga kedepannya Anda bisa lebih aware dalam memilih asupan untuk tubuh. Makanlah secukuonya saja, nah perhatikan berat badan juga ya! 

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Ira

About the Author: Ira Gusmiarti

Content writer yang menyukai belajar hal baru. Saat ini mulai membagikan insight menarik melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close