Dampak Corona Terhadap Perkembangan Industri 4.0

TEKNOLOGI, malangpost.id- Sudah beberapa tahun terakhir ini perkembangan teknologi dapat dikatakan sangat pesat. Tidak dapat dipungkiri, pada tahun 2010 mungkin kita masih asing dengan apa itu internet, tetapi saat ini internet dianggap hal yang wajar karena hampir semua sektor sudah menggunakannya.

Perkembangan teknologi sudah mengakar hingga pada sektor ekonomi. Tidak dapat dibantah bila era industri 4.0 sudah dimulai. Internet of Things atau IOT menjadi aspek utama pada era ini. Dengan adanya internet, banyak kegiatan manusia dapat dikerjakan dari jarak jauh, bahkan otomatis.

Adanya era ini jelas disambut baik oleh banyak orang karena hal ini dapat membantu meringankan pekerjaan seseorang. Tetapi dilain sisi banyak juga orang yang ‘menolak’ adanya era industri 4.0. Mereka adalah para pekerja kasar atau buruh.

Pekerjaan yang biasanya mereka lakukan kini diganti oleh para mesin yang digerakkan oleh internet dan kendali jarak jauh. Demi memangkas biaya operasional dan human error, banyak perusahaan yang mulai memanfaatkan teknologi terkini.

Jutaan Pekerjaan Akan Tergantikan

Menurut World Economic Forum, akan ada 95 juta pekerjaan baru yang muncul dan 85 juta pekerjaan akan hilang. Banyak dari industri seperti industri padat karya akan hilang karena pekerjaan tersebut tidak dapat berkembang. Semuanya akan diganti dengan proses otomatisasi.

Pernyataan dari WEForum memberikan beberapa spekulasi. Pertama, pekerjaan yang hilang tersebut dipastikan hilang pada beberapa tahun mendatang. Dan pekerjaan yang baru masih belum dipastikan akan ada. Kedua, saat ini pandemi sedang berlangsung dan memberikan dampak yang masif pada kehidupan manusia.

Kedua pernyataan tersebut saling berkaitan. Corona bisa dikatakan sebagai momok baru bagi dunia ekonomi. Adanya corona mendorong urgensi teknologi digital. Ini menandakan bahwa makin banyak pekerjaan yang akan hilang karena corona.

Mungkin pandemi bisa dapat dikatakan bagus bagi perkembangan teknologi. Berkat pandemi saat ini banyak sekali pekerjaan yang dilakukan secara remote atau dari jarak jauh. Meskipun tidak dapat dikatakan sebagai pilihan yang paling baik, tetapi untuk saat ini pekerjaan yang dilakukan dari jarak jauh menjadi pilihan terbaik saat ini.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close